5 Cara Kembalikan Semangat Kerja Usai Libur Lebaran

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 00:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 612 2411409 5-cara-kembalikan-semangat-kerja-usai-libur-lebaran-k95mqYBukM.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Semasa libur Lebaran, Anda mungkin pergi berekreasi, silaturahmi ke rumah keluarga, atau menghabiskan waktu untuk bersantai. Ketika masa libur telah habis, biasanya Anda akan diselimuti rasa malas untuk kembali bekerja.

Nah, supaya kembali semangat bekerja dan berhasil melawan rasa malas, Anda harus menerapkan beberapa hal berikut ini, seperti dilansir dari laman Inc pada Selasa (18/5/2021).

Jangan langsung kembali bekerja setelah liburan Anda selesai

Rileks

Setiap orang membutuhkan waktu untuk kembali ke rutinitas. Jika bisa, luangkan satu atau dua hari untuk bersantai dan memulihkan diri sebelum kembali ke kantor.

Bahkan jika Anda perlu membereskan rumah atau menjalankan tugas, berikan diri Anda setidaknya beberapa jam untuk bersantai. Intinya, berilah waktu pada pikiran Anda untuk menyesuaikan diri. Jika tidak, Anda akan mengalami stres dan kelelahan yang harus dihadapi saat kembali bekerja.

Pilih jalan yang mudah untuk kembali bekerja

Sebelum kembali bekerja, luangkan waktu untuk merencanakan hari Anda. Buat daftar tugas dan prioritaskan apa yang perlu dilakukan. Jika Anda melakukan ini di pagi hari, saat Anda kembali, pastikan memberi diri Anda ruang untuk menyendiri dengan pikiran Anda.

Berfokuslah untuk melakukan apa yang Anda tahu cara melakukannya dan apa yang membutuhkan paling sedikit waktu. Memulai dengan tugas-tugas kecil dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Ingat, Anda mengambil langkah satu per satu.

Baca Juga : CEO Ruangguru Belva Devara Pamer Pacar, Netizen: Hari Patah Hati Nasional

Bawa suasana liburan ke tempat kerja

Jika Anda sempat rekreasi pada saat libur Lebaran, belilah souvenir di tempat Anda berlibur. Souvenir adalah kenang-kenangan pribadi yang bagus yang dapat mengingatkan Anda bahwa tidak apa-apa untuk beristirahat dan menikmati hidup.

Ini memungkinkan semua perasaan positif Anda tentang hal itu mengalir kembali ke dalam diri Anda. Anda kemudian dapat mengubahnya menjadi energi untuk membantu Anda menjalani hari.

Berinteraksi dengan orang lain, meskipun Anda tidak menginginkannya

pekerja kantoran

Beberapa rekan kerja mungkin mendekati Anda dan bertanya tentang liburan Anda. Tidak apa-apa membicarakannya. Anda tidak perlu menahan diri karena takut terlihat seperti sedang membual.

Jika Anda khawatir itu yang akan dipikirkan orang, mulailah mengajukan pertanyaan tentang bagaimana mereka mengisi waktu luang saat liburan.

Anda akan terkejut betapa banyak orang yang suka membicarakan perjalanan masa lalu mereka juga. Percakapan seperti ini membantu Anda membentuk ikatan dengan rekan kerja yang akan membantu Anda kembali ke bisnis.

Pergi bekerja dengan pandangan baru

Mungkin Anda frustrasi dengan suatu tugas sebelum pergi berlibur karena Anda tidak bisa menyelesaikannya. Namun setelah beristirahat dan berlibur, Anda dapat melihatnya secara berbeda dan menawarkan perspektif baru. Terkadang Anda hanya perlu waktu untuk sedikit memulai pekerjaan Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini