Perut Buncit Usai Lebaran, Ratakan Kembali dengan 4 Cara Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 481 2411640 perut-buncit-usai-lebaran-ratakan-kembali-dengan-4-cara-ini-KpO0RrbRr6.jpg Ilustrasi perut buncit akibat banyak makan saat momen Lebaran. (Foto: Katemangostar/Freepik)

LEBARAN memang identik dengan makanan yang menggiurkan. Di antaranya opor ayam yang rasanya enak gurih hingga manisnya kue nastar. Hidangan Lebaran memang sangat enak, tapi jangan berlebihan mengonsumsinya karena bisa bikin perut buncit.

Belum lagi jika silaturahmi ke rumah sanak saudara, kemudian disuguhkan lagi makanan yang sama, wah lemak di perut bisa makin menimbun. Oleh karena itu, ini saatnya mengusir lemak perut dan membuatnya menjadi rata lagi.

Baca juga: Sehatkan Perut hingga Turunkan Hipertensi, Konsumsi Saja Daun Mangga 

Seperti dirangkum dari laman Healthline, Selasa (18/5/2021), berikut beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengembalikan perut ramping usai banyak makan di momen Lebaran.

Perut buncit. (Foto: Shutterstock)

1. Kurangi asupan kalori

Ini adalah fakta yang terkenal bahwa Anda perlu mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan. Salah satu pendekatan yang populer adalah mengurangi asupan harian Anda sebanyak 500–1.000 kalori dengan harapan kehilangan 0,5–1 kilogram per minggu.

Dalam sebuah penelitian, sekelompok orang yang mengonsumsi 1.100 kalori per hari memperlambat laju metabolisme lebih dari dua kali lipat dibandingkan mereka yang mengonsumsi sekira 1.500 kalori per hari selama 4 hari berturut-turut. Maka itu, jangan terlalu lama dan banyak membatasi kalori harian.

Baca juga: Perut Kosong, Jangan Konsumsi 6 Makanan Ini Ya 

2. Konsumsi serat, terutama serat larut

Serat larut menyerap air dalam jumlah besar dan memperlambat jalannya makanan melalui saluran pencernaan. Ini telah terbukti menunda pengosongan perut, menyebabkan perut mengembang dan membuat merasa kenyang.

Selain itu, serat larut dapat menurunkan jumlah kalori yang dapat diserap tubuh dari makanan. Dengan mengonsumsi serat larut, jadi cenderung tidak menumpuk lemak di sekitar organ tubuh. Ini akan mengurangi lingkar pinggang dan risiko beberapa penyakit.

3. Konsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri hidup yang disarankan dikonsumsi, sebab berperan besar dalam penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan dan obesitas terbukti memiliki komposisi bakteri usus yang berbeda dari orang dengan berat badan normal. Ini dapat memengaruhi penambahan berat badan dan distribusi lemak.

Asupan probiotik secara teratur dapat mengubah keseimbangan menuju flora usus yang bermanfaat mengurangi risiko penambahan berat badan dan penumpukan lemak di rongga perut. Beberapa jenis probiotik telah terbukti sangat efektif dalam mengurangi lemak perut. Ini termasuk Lactobacillus fermentum, Lactobacillus amylovorus, Lactobacillus gasseri.

Baca juga: 3 Penyebab Umum Perut Kembung, Salah Satunya Posisi Tubuh saat WFH 

4. Lakukan olahraga kardio

Melakukan olahraga kardio atau latihan aerobik adalah cara terbaik membakar kalori serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa ini sangat efektif memperkuat bagian tengah tubuh dan mengurangi lingkar pinggang.

Penelitian biasanya merekomendasikan melakukan latihan aerobik intensitas sedang hingga tinggi selama 150–300 menit setiap pekan. Ini berarti kira-kira 20–40 menit per hari. Contoh kardio termasuk lari, jalan cepat, bersepeda, dan mendayung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini