6 Kesalahan Umum yang Ganggu Kesehatan Payudara

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 481 2411684 6-kesalahan-umum-yang-ganggu-kesehatan-payudara-bxynnbf4xB.jpg Ilustrasi payudara wanita. (Foto: Shutterstock)

PAYUDARA adalah organ tubuh yang sensitif bagi wanita. Tapi ternyata banyak wanita kurang memerhatikan kesehatannya.

Kebanyakan wanita tidak memeriksa payudara secara teratur. Ini penting dilakukan, karena payudara membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kesehatannya.

Baca juga: Cegah Kanker Payudara, Yuk Terapkan 6 Langkah Ini 

Semua wanita harus mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari segala jenis penyakit yang berhubungan dengan payudara. Tapi faktanya, ada kebiasaan yang sering dilakukan dan justru menurunkan kesehatan payudara.

Sebagaimana disitat dari laman Times of India, Selasa (18/5/2021), berikut enam kesalahan umum yang tanpa disadari dapat membahayakan kesehatan payudara.

1. Mengenakan bra dengan ukuran yang salah

Anda tidak akan pernah merasa nyaman jika mengenakan bra dengan ukuran yang salah. Mengenakan bra longgar bisa menyebabkan payudara kendur dan meregang. Sedangkan memakai bra yang ketat dapat menghalangi aliran darah. Ini bisa menyebabkan nyeri leher, punggung, dan bahu.

2. Merokok dan asupan kafein

Semua orang tahu bahwa merokok berbahaya untuk paru-paru dan jantung. Kemudian juga dapat menyebabkan masalah terkait payudara, di antaranya kehilangan elastisitas, kendur, peningkatan risiko kanker payudara, hingga nyeri payudara.

Baca juga: 11 Tanda Bahaya Implan Payudara yang Bisa Mengakibatkan Kanker 

3. Tidak memakai bra

Pastikan mengenakan bra saat keluar rumah untuk olahraga atau aktivitas lainnya. Tidak memberikan dukungan yang cukup pada payudara dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang parah.

4. Menggunakan lakban

Banyak yang sering kali merekomendasikan penggunaan lakban untuk mengangkat dan menopang bra saat mengenakan sesuatu yang tidak bisa dikenakan dengan bra. Tapi ternyata lakban bisa menyebabkan alergi, gatal, radang, hingga ruam.

Baca juga: Payudara Sering Gatal, Apakah Tanda Kanker? 

5. Waxing rambut puting

Sesuai penelitian yang diterbitkan Journal of Physical Activity and Health, menggunakan pisau cukur di sekitar area puting dapat menyebabkan infeksi. Penghilangan rambut dengan cara apa pun dapat meningkatkan risiko peradangan.

6. Tindik puting

Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Lawa, tindik puting payudar dapat merusak saluran produksi ASI dan meningkatkan risiko terjadinya abses yang dapat berupa infeksi berisi nanah menyakitkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini