Mengenal Organik Makeup Beserta Manfaatnya bagi Kecantikan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 00:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 611 2411584 mengenal-organik-makeup-beserta-manfaatnya-bagi-kecantikan-QRvKc1a04t.jpg Ilustrasi (Foto : Femina)

Makeup, selama bertahun-tahun, telah menjadi bagian besar dari hidup kita. Dan akhir-akhir ini, orang-orang di seluruh dunia mulai menyadari apa yang mereka kenakan pada kulit mereka.

Sebelumnya, tidak ada acara yang lengkap tanpa riasan. Tapi sekarang, itu tidak harus menjadi makeup lengkap dengan setiap produk yang mungkin dilapisi pada kulit kita, satu demi satu.

Selain itu, jika kita berbicara mengenai makeup alami atau organik, dapat dikatakan bahwa produk ini memang memiliki biaya yang lebih tinggi.

Alasannya adalah fakta bahwa produk-produk ini dibuat dengan bahan-bahan yang bersumber secara alami yang tidak dapat diproduksi secara massal di pabrik. Laporan juga menunjukkan bahwa produk ini diproduksi dalam jumlah kecil, bukan jumlah massal.

Baca Juga : 5 Potret Cantik Aaliyah Masaid yang Pacaran dengan Sultan Pemilik Pulau Pribadi

Selain itu, makeup organik semakin diminati saat ini karena serangkaian manfaat yang ditawarkan. Melansir Femina India, berikut adalah manfaat umum menggunakan makeup organik yang bisa Anda dapatkan.

Mengurangi Paparan Bahan Berbahaya

Makeup

Salah satu alasan utama mengapa orang lebih memilih riasan organik adalah karena bahan kimia sintetisnya tidak terlalu berbahaya. Dengan cara ini, ada sedikit kemungkinan kerusakan kulit dan efek kesehatan lainnya.

Dengan menggunakan riasan alami, Anda dapat meminimalkan paparan Anda terhadap bahan-bahan berbahaya tersebut. Paraben dan pengawet sintetis lainnya sering ditemukan pada kosmetik biasa. Tubuh menyerap paraben melalui kulit dan mengeluarkannya melalui urin.

Paparan paraben yang tinggi dapat mengganggu hormon, merusak kesuburan dan organ reproduksi, memengaruhi hasil kelahiran, dan meningkatkan risiko kanker.

Baca Juga : Seksinya Anya Geraldine Pakai Bikini, Netizen: Awas Aldi Taher Lihat Bahaya Nih

Lebih Sedikit Sakit Kepala Akibat Bau

Sebagian besar perusahaan kosmetik mengharumkan riasan mereka dengan wewangian buatan. Biasanya, ini dilakukan untuk menutupi bahan lain atau meningkatkan branding produk.

Wewangian buatan ini dapat memicu masalah seperti sakit kepala pada orang yang rentan terhadap migrain. Keteraturan yang kuat pada kosmetik beraroma wangi ini juga bisa menimbulkan sensasi sesak napas.

Sebaliknya, riasan organik menggunakan wewangian yang lebih lembut dan tidak menyengat. Bahkan, untuk beberapa produk, mereka tidak menggunakan wewangian sama sekali. Sehingga Anda tidak dapat mencium bau apapun dari produk tersebut. Tentunya ini sangat cocok bagi mereka yang rentan migrain terhadap wewangian.

Menurunkan Resiko Iritasi Kulit

Iritasi Wajah

Pengawet, pewarna dan pewangi dalam riasan biasa dapat menyebabkan dermatitis kontak. Ini melibatkan ruam merah yang gatal karena sensitivitas kulit atau reaksi alergi.

Gejalanya bisa berupa kulit kering / bersisik, gatal-gatal, lepuh mengeluarkan cairan, kulit kemerahan, kulit yang tampak gelap atau kasar, kulit yang terbakar dan banyak lagi.

Karenanya, menggunakan produk riasan alami tanpa bahan pengawet, pewarna, dan pewangi buatan dapat membatasi risiko iritasi kulit. Dengan demikian, Anda pun bisa menggunakannya dalam jangka waktu lama.

Lebih Aman Untuk Kulit Sensitif

Produk alami atau organik umumnya ditoleransi dengan baik oleh orang yang memiliki kulit sensitif. Kosmetik biasa, di sisi lain, sering memicu iritasi dan flare-up karena bahan kimia keras yang digunakan untuk membuatnya.

Karenanya, orang yang menderita eksim disarankan untuk menggunakan produk organik yang tidak mengandung pewarna dan pewangi sintetis. Riasan dengan bahan nabati juga disarankan. Berbeda dengan riasan biasa yang banyak tersedia karena produksi massal, alternatif riasan alami lebih sulit ditemukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini