10 Cara Atasi Sulit Tidur, Jangan Jadi Kepikiran

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 612 2411699 10-cara-atasi-sulit-tidur-jangan-jadi-kepikiran-FXdoFLUDLv.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANGUN pagi mungkin menjadi salah satu hal yang sulit bagi beberapa orang. Alih-alih menjadi segar, bangun pagi malah menjadi rutinitas menyiksa bagi mereka.

Lantas, kenapa hal itu bisa terjadi? Jawabannya bisa jadi karena Anda kurng tidur. Kurang tidur pun dapat terjadi karena beberapa hal, tapi biasanya karena gangguan insomnia.

Insomnia sendiri merupakan gangguan kesulitan tidur yang sebabkan oleh banyak hal. Mulai dari beban stress, gangguan kesehatan fisik dan gaya hidup yang tanpa disadari mengubah pola tidur Anda. Melansir nhs, Berikut 10 tips untuk meningkatkan kualitas tidur.

Pertahankan jam tidur teratur

Program waktu tidur Anda secara teratur, pola tidur yang teratur dapat meningkatkan kualitas tidur dan membuat badan Anda sehat, dikarenakan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup. Jadi, tentukan waktu istirahat anda saat Anda mulai terasa mengantuk.

Ciptakan lingkungan kamar tidur yang nyaman

Buat susana kamar tidur yang nyaman, ini juga sangat membantu untuk mengatasi gangguan tidur. Suasana tidur yang nyaman maka akan membantu Anda untuk tidur lelap.

Tidur

Pastikan tidak ada yang menganggu tidur Anda

Tidur yang nyenyak di dukung dengan suasanya yang sunyi dan tenang. Jika di tempat kalian memiliki hewan peliharaan pertimbangkan kembali untuk tidur bersama. Segera pindahkan apalagi itu menganggu tidur Anda.

Olahraga teratur

Olahraga ringan yang dilakukan secara rutin seperti senam atau jogging rupanya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Pasalnya, olahraga teratur dapat meredahkan ketegangan strees Anda yang menumpuk sepanjang hari. Namun pilih olahraga yang tidak terlalu menguras tenaga.

Kurangi kafein

Hindari mengkonsumsi kafein yang terkandung dalam teh, menuman berenergi dan kopi. Kafein akan membuat Anda dapat terjaga sehingga menggangu kualitas tidur. Pilih minuman hangat seperti susu atau teh herbal.

Jangan merokok

Baiknya hindari merokok sebelum tidur, senyawa nikotin dapat membuatmu mengalami kesulitan tidur. Orang merokok umumnya butuh waktu lebih lama untuk tidur, dan seringkali tidurnya terganggu.

Rileks sebelum tidur

Sebelum beristirahat, ciptakan mood rileks dalam tubuhmu. Akivitasmu sehari-hari yang padat membuat piliran dan tubuhmu merasa tegang. Cobalah untuk mandi air hangat atau mendengarkan musik sebelum tidur supaya tercipta nuansa rileks yang mendukung aktivitas tidur.

Atur agenda

Jika Anda selalu khawatir memikirkan kegiatan yang dilakukan esok hari sebelum tidur, coba sisihkan waktu untuk menulis agenda besok pagi. Hal ini bertujuan untuk membuat Anda tenang karena aktivitas esok hari sudah jadwalkan.

Lakukan aktivitas kecil

Jika Anda mengalami gangguan tidur, jangan berbaring sambil memikirkanya itu membuatmu terjaga. Lakukan aktivitas kecil sampai membuatmu merasa rileks kembali lalu segera instirahat. Tubuh yang rileks dalam membuatmu mudah untuk beristirahat.

Konsultasikan dengan Dokter

Jika Anda sulit mendapatkan tidur berkualitas, segera konsultasikan dengan dokter mengenai kesehatanmu. Pastikan tubuhmu mendapatkan istirahat yang cukup. Tubuh yang sehat di dukung dari pola dan gaya hidup Anda yang teratur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini