Train Smart Not Hard, Ini Tips agar Tak Alami Kram saat Bersepeda

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 22:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 612 2412009 train-smart-not-hard-ini-tips-agar-tak-alami-kram-saat-bersepeda-o3loMPnHoN.jpg Olahraga Sepeda. (Foto: Okezone)

PERNAH mengalami kram saat bersepeda? Melakukan olahraga, apapun bentuknya memang rentan mengalami kram. Ini terjadi lantaran kurangnya pemanasan ssbelum melakukan olahraga.

Memang tingkat pemanasan akan berbeda antara satu olahraga dengan olahraga lainnya. Karena itu, ada baiknya jika saat melakukan olahraga kita mengawalinya dengan yang ringan terlebih dahulu agar tidak kram atau cidera.

Pasalnya, bila tak segera diatasi, cedera dan kram bisa memperburuk kondisi seseorang. Namun ada hal mudah yang perlu dilakukan oleh para pesepeda untuk mencegah masalah tersebut.

Sepeda

Dokter Kesehatan Olahraga dr Sophia Hage, SpKO, dalam kegiatan bersepeda setiap orang harus mengenali kondisi tubuhnya. Cara tersebut menjadi langkah pertama yang mesti dipraktikkan oleh siapapun.

“Intinya, kenali kemampuan diri. Tak kenal diri sendiri itu pangkal cedera," tuturnya.

Di lain hal, Dokter Sophia mengatakan bahwa Anda jangan lupa untuk set up sepeda yang baik. Kemudian melakukan teknik bersepeda yang benar.

Setiap gowes, jagalah fleksibilitas dan mobilitas sendi dan alat gerak. Jika terasa lelah, Anda harus menepi untuk istirahat.

"Kita harus melatih diri kita dengan bijaksana, bukan melatih diri dengan keras dan sekencang-kencangnya, karena justru akan memicu terjadinya cedera. Train smart, not hard,” paparnya.

Melihat tren gowes, Perwakilan Salonpas Sport Indonesia mengatakan bahwa bersepeda bukanlah suatu ajang untuk gaya. Bersepeda tidak boleh memaksakan diri, apalagi kalau fisiknya tidak siap.

"Olahraga itu tidak boleh memaksakan diri. Harus melakukan pemanasan, dan selalu tahu kapan harus istirahat, serta tetap mematuhi protokol kesehatan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini