Mau Hidup Bahagia dan Terhindar dari Stres? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 298 2412168 mau-hidup-bahagia-dan-terhindar-dari-stres-coba-konsumsi-5-makanan-ini-g4Pd8EjcFh.jpg Ilustrasi makanan sehat pencegah stres. (Foto: User14908974/Freepik)

SEBAGAI manusia, tentu kita pernah mengalami stres. Terlalu banyak stres adalah pertanda buruk untuk kesehatan, sehingga harus segera diatasi.

Ada beberapa cara untuk melawan stres, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Asupan apa yang masuk ke tubuh akan memengaruhi pikiran.

Baca juga: 3 Latihan Pernapasan untuk Menghilangkan Stres 

Makanan yang dimakan tidak hanya menentukan kesehatan fisik, tetapi juga mental. Ada cukup banyak penelitian yang dilakukan untuk mendukung fakta bahwa apa yang dimakan memiliki efek langsung pada suasana hati kita.

Percaya atau tidak, ada makanan tertentu yang akan meningkatkan mood. Sementara ada makanan lain yang akan membuat diri merasa jengkel dan kekurangan energi setelah beberapa saat mengonsumsinya.

Ilustrasi stres. (Foto: Jcomp/Freepik)

Oleh karena itu, ahli gizi Gauri Anand dari India merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat atau vitamin tertentu agar terhindar dari stres.

Apa saja makanan itu? Berikut penjelasannya, seperti dirangkum dari laman Pinkvilla, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Benarkah Stres Bisa Memicu Obesitas? Ini Kata Ahli 

1. Makanan yang meningkatkan serotonin

Jenis makanan ini tinggi triptofan yang membantu produksi serotonin. Di antaranya adalah kiwi, pisang, ceri asam, nanas, tomat, plum, salmon, kalkun, ikan, ayam, telur, susu, cottage keju, produk kedelai, kacang-kacangan, dan bayam.

2. Makanan yang mengandung omega 3

Makanan sumber omega 3 termasuk ikan dan makanan laut lainnya. Lalu ada kenari, kacang merah, biji rami, biji chia, biji rami, minyak kedelai, dan yoghurt yang bermanfaat untuk sistem pencernaan.

3. Makanan dengan selenium

Makanan dengan selenium seperti kacang brasil, roti gandum, tuna, ayam, dan sapi sangat bermanfaat untuk membangun kekuatan serta melepaskan hormon stres.

Baca juga: 4 Cara Mudah Jaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19 

4. Sumber folat - Vitamin B-9

Makanan ini termasuk kacang lentil, asparagus, bit hijau berdaun, buah jeruk seperti jeruk, lemon, jeruk bali, kubis brussel, dan brokoli. Vitamin B juga dikenal dapat membantu mengatasi masalah saraf.

5. Bayam

Sayuran berdaun hijau ini kaya akan magnesium penghilang stres. Orang dengan kadar magnesium rendah lebih cenderung mengalami peningkatan kadar protein C-reaktif dan penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan kadar CRP tinggi lebih stres dan berisiko lebih besar mengalami depresi. Dikarenakan magnesium dikeluarkan dari tubuh saat Anda stres, penting untuk mencukupi kebutuhannya.

Baca juga: Kumpulan Makanan Pereda Stres, Ada Pisang hingga Kacang 

Selain makanan yang disarankan untuk dikonsumsi tersebut, ada beberapa asupan yang juga sebaiknya dihindari jika tidak ingin stres. Misalnya gula, alkohol, dan kafein.

Ini karena makanan yang mengandung gula akan membuat tubuh semangat di awal, tapi selanjutya membuat mudah tersinggung, cemas, dan rendah diri.

Sedangkan alkohol, otak akan sibuk memproduksi hormon yang berhubungan dengan kecemasan dan stres. Alkohol juga mengurangi serotonin dalam tubuh.

Sementara kafein memang memiliki manfaat kognitif, tetapi overdosis dapat menyebabkan tidur yang sulit, mudah tersinggung, gelisah, dan stres. Tipsnya, bisa beralih ke air lemon atau teh hijau dengan kadar kafein yang lebih rendah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini