Cara Menjaga Pola Makan Sehat Usai Lebaran

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 298 2412330 cara-menjaga-pola-makan-sehat-usai-lebaran-Jao3I1Lcw4.jpg Makan sehat (Foto: Healthline)

Puasa di bulan suci Ramadhan adalah kesempatan bagus untuk membersihkan tubuh. Namun, banyak orang yang tidak merasakan manfaatnya karena mereka mengisi meja makan dengan makanan tidak sehat yang tinggi gula dan lemak saat Lebaran.

Saat Anda banyak makan makanan asin, manis, dan berbagai makanan berlemak dan bergula lainnya saat Lebaran maka proses detoksifikasi puasa jadi hilang.

Dengan usainya Ramadhan dan Lebaran maka jam makan Anda pun kembali normal. Anda kembali menyantap sarapan, makan siang, dan makan malam. Inilah kesempatan Anda untuk memperbaiki tubuh Anda. Caranya dengan menjaga pola makan sehat seperti dilansir dari NDTV berikut ini.

 kurma

 

1. Sarapan

Setelah sebulan tidak sarapan pagi, tubuh akan diharuskan mengatur ulang untuk makan lagi di pagi hari. Usai Lebaran, Anda bisa menyiapkan sarapan berupa kurma dengan milkshake atau smoothie. Anda juga dapat mencoba pilihan dari berbagai kategori makanan tetapi jangan melewatkan sarapan.

2. Pilihan makanan

Jangan mengkonsumsi gorengan, fast food, makanan yang terlalu berlemak atau pedas. Idealnya ini harus diikuti sepanjang tahun, tetapi ini sangat penting setelah berpuasa karena tubuh Anda lebih mungkin mengalami kembung, keasaman, dan gangguan pencernaan.

 

3. Hidrasi

Pastikan Anda terhidrasi dengan baik dengan minum banyak cairan. Jus lemon, air putih, serbat kokum, jus tebu, jus buah, dan air kelapa semuanya baik untuk dikonsumsi.

Dari perspektif hidrasi Anda juga bisa menambahkan biji chia atau lemon ke dalam air mineral. Ini juga akan membuat Anda kenyang dan mencegah rasa lapar.

4. Rencanakan Diet Anda

Pastikan Anda makan banyak sayuran, salad mentah, dan biji-bijian untuk mendapatkan serat yang cukup. Anda juga bisa mengonsumsi protein tanpa lemak dan tidak diproses.

Yoghurt dan buttermilk harus menjadi bagian dari rutinitas harian Anda. Ini tidak hanya akan membantu masalah pencernaan dan perut, tetapi juga akan membantu Anda tetap sejuk dalam cuaca panas ini.

5. Kontrol porsi

Memperlakukan makanan sebagai hadiah dapat membahayakan upaya Anda untuk mengembangkan kebiasaan makan yang sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Puasa selama sebulan tidak akan memberi Anda lisensi gratis untuk makan berlebihan saat ini. Dengarkan tubuh Anda. Latih kontrol porsi. Jika Anda ingin menjaga pencernaan dalam kondisi baik, Anda tidak boleh makan berlebihan meskipun Anda mengonsumsi makanan yang sehat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini