Suka Makan Kimchi, Ini 6 Khasiatnya untuk Kesehatan

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 298 2412534 suka-makan-kimchi-ini-6-khasiatnya-untuk-kesehatan-p6A5iFZFg5.jpg Kimchi makanan Korea Selatan. (Foto: Topntp26/Freepik)

KIMCHI merupakan makanan lezat asal Korea Selatan. Kimchi berbahan dasar sawi yang difermentasi. Rasanya yang sedikit asam dan pedas membuat segar saat dikonsumsi.

Tapi ternyata kimchi bukan hanya nikmat dikonsumsi. Banyak khasiat kesehatan yang bisa didapat dari memakan kimchi.

Apa saja manfaat itu? Berikut penjelasannya, seperti dirangkum dari laman Healthline, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Resep Kimchi Mandu, Camilan Lezat untuk Teman Nonton Drakor 

1. Kaya nutrisi

Kimchi mengandung vitamin A dan C. Lalu setidaknya ada 10 mineral berbeda dan lebih dari 34 asam amino. Kimchi juga mengandung vitamin K yang berperan penting dalam banyak fungsi tubuh, seperti metabolisme tulang dan pembekuan darah. Sedangkan riboflavin membantu mengatur produksi energi, pertumbuhan sel, dan metabolisme.

Kimchi mandu. (Foto: Instagram @lidyatjahjadi)

2. Mengandung probiotik

Kimchi mengalami fermentasi lakto menggunakan bakteri lactobacillus untuk memecah gula menjadi asam laktat. Ini yang memberi kimchi sifat asamnya. Fermentasi menciptakan termasuk probiotik yang merupakan mikroorganisme hidup yang menawarkan manfaat kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Baca juga: Makan Kimchi Dipercaya Turunkan Risiko Tertular Covid-19 

3. Memperkuat sistem imun

Bakteri lactobacillus dalam kimchi dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh. Sebuah penelitian tabung reaksi yang mengisolasi lactobacillus plantarum dari kimchi juga menunjukkan bahwa bakteri ini memiliki efek peningkatan kekebalan.

4. Memperlambat penuaan

Kimchi mungkin memperpanjang umur sel dengan memperlambat proses penuaan dini. Sel manusia yang diobati dengan kimchi menunjukkan peningkatan viabilitas yang mengukur kesehatan sel secara keseluruhan serta menunjukkan rentang hidup yang diperpanjang tanpa memandang usia mereka.

5. Mencegah infeksi jamur

Probiotik dalam kimchi dan bakteri sehat dapat membantu mencegah infeksi jamur. Infeksi jamur vagina terjadi ketika jamur candida yang biasanya tidak berbahaya, berkembang biak dengan cepat di dalam vagina.

Baca juga: Tak Perlu ke Restoran Korea, Ini Resep Asyik Bikin Kimchi Jjigae di Rumah 

6. Membantu menurunkan berat badan

Kimchi segar yang difermentasi menjadi rendah kalori dan dapat meningkatkan penurunan berat badan. Kimchi yang difermentasi membantu menurunkan berat badan, indeks massa tubuh (BMI), serta lemak tubuh. Selain itu, varietas yang difermentasi menurunkan kadar gula darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini