6 Tips Menyimpan Makanan Sisa

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 23:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 298 2412654 6-tips-menyimpan-makanan-sisa-r1hEZ6YcdA.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ADA kalanya makanan yang kita masak atau beli tidak habis. Dibuang sayang, mungkin kita lebih memilih untuk menyimpannya sehingga bisa dipanaskan esok hari.

Tapi, tentunya seseorang harus menyimpan makanan tersebut dengan baik dan benar agar tidak rusak dan layak untuk dikonsumsi di kemudian hari.

Walaupun terlihat mudah, namun menyimpan makanan membutuhkan trik khusus agar awet dan tetap lezat ketika hendak disantap. Merangkum dari Instagram resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), @bpom_ri, Rabu (19/5/2021) membagikan enam tips menyimpan makanan lebih agar tidak cepat rusak saat dimakan. Yuk disimak.

1.Simpan semua makanan yang telah dimasak dalam wadah bersih tertutup.

2.Pisahkan makanan mentah dan matang untuk menghindari kontaminasi silang.

3.Siapkan makanan dalam porsi kecil untuk menghindari makanan berlebih.

4.Jangan masukkan makanan dalam kondisi masih panas ke dalam lemari pendingin atau kulkas agar tidak terjadi kenaikan suhu di dalam kulkas.

5.Jangan simpan makanan lebih dari tiga hari di lemari pendingin, karena makanan dapat rusak akibat pertumbuhan bakteri. Ingat, bakteri masih dapat tumbuh pada suhu dingin meskipun lambat. Bakteri tumbuh dengan cepat pada suhu antara 5-60 derajat celcius.

6.Makanan dapat dipanaskan maksimal satu kali berdasarkan anjuran World Health Organization (WHO).

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini