Ini Dia Dampak Buruk Minuman Bersoda, Yuk Diketahui

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 481 2412620 ini-dia-dampak-buruk-minuman-bersoda-yuk-diketahui-VXRzUUVMVA.jpg Minuman bersoda. (Foto: Lifeforstock/Freepik)

MINUMAN bersoda memang enak dinikmati kapan saja. Tapi siapa sangka, ternyata ada dampak buruk di baliknya untuk kesehatan tubuh manusia. Alasannya, minuman bersoda bisa mengikis enamel gigi, melemahkan otot, membuat lebih lapar, dan banyak lagi.

Walaupun mengetahui besarnya dampak kesehatan terkait minuman bersoda, kebanyakan orang masih sering mengonsumsinya. Bila tahu sangat sulit berhenti minum minuman soda, ada baiknya mencari tahu cara menguranginya.

Sebagaimana dilaporkan laman Eatthis, ini dia tujuh dampak minuman bersoda terhadap kesehatan tubuh manusia. Yuk disimak.

Baca juga: Air Soda Baik untuk Menyiram Tanaman, Simak 6 Caranya 

1. Mengonsumsi soda diet

Studi yang sama menemukan bahwa meminum minuman ringan dengan pemanis buatan meningkatkan semua penyebab kematian. Risiko ini dapat meningkatkan kematian karena alasan apa pun dan dengan peningkatan yang mengejutkan sebesar 26 persen. Sementara minuman ringan yang dimaniskan dengan gula meningkatkan kematian sebesar 8 persen. Hal itu pada dasarnya berarti bahwa soda diet lebih dari tiga kali berbahaya dibandingkan soda dengan gula yang tinggi.

Minuman bersoda. (Foto: Shutterstock)

2. Tingkatkan risiko kematian

Jika minum dua kaleng soda atau lebih dalam sehari, Anda bisa berada dalam bahaya yang serius. Sebuah studi pada 2019 yang diterbitkan di Journal of American Medical Association menemukan bahwa minum dua gelas atau lebih minuman ringan, secara khusus soda, secara signifikan dapat meningkatkan risiko kematian peserta dari semua penyebab.

Baca juga: Pria Ini Campur Perment Mint dan Minuman Soda ke Lubang, Endingnya Bikin Netizen Emosi 

3. Menyebabkan kerusakan

Pewarna makanan dapat menyebabkan kerusakan yang cukup mengerikan. Penelitian telah menemukan bahwa beberapa warna buatan dapat merusak DNA dan memicu pembentukan kanker, jadi periksalah bahan-bahannya, dan umumnya cobalah untuk tetap menggunakan soda yang dibuat dengan warna alami atau warna dari buah-buahan.

4. Menua lebih cepat

Hanya karena soda diet berbahaya, bukan berarti Anda harus menambah gula. Sebuah penelitian yang diterbitkan awal bulan ini menemukan bahwa soda diet dengan kadar gula tinggi bisa membuat Anda menua lebih cepat. Anda lebih baik tetap menggunakan alternatif rendah gula yang sehat untuk memperbaiki minuman ringan.

5. Terpapar racun

BPA mungkin tidak lagi ada di sebagian besar botol plastik, tetapi banyak kaleng aluminium masih mengandung bahan kimia berbahaya ini di lapisan epoksi. Meminumnya langsung dari kaleng bisa membuat Anda terpapar racun peningkat tekanan darah ini, membuat berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

Baca juga: Dada Suka Nyeri Setelah Minum Soda? Ini Penjelasan Ilmiahnya 

6. Mengacaukan pola tidur

Ketika Anda minum minuman bersoda berkafein pada larut malam, para peneliti menemukan bahwa dapat mengacaukan pola tidur dan mengganggu ritme sirkadian. Kualitas tidur terikat erat dengan umur panjang, jadi jangan minum soda pada larut malam untuk umur yang lebih panjang.

7. Membuat dehidrasi

Pakar nutrisi mengatakan bahwa waktu terburuk minum soda adalah tepat sebelum berolahraga karena itu akan membuat dehidrasi. Ini dapat membuat Anda lebih sulit menuai manfaat olahraga yang memperpanjang hidup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini