Muncul Jerawat Punggung, Atasi dengan Cara Ampuh Ini

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 20 Mei 2021 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 481 2412645 muncul-jerawat-punggung-atasi-dengan-cara-ampuh-ini-OfzFquPRyC.jpg Ilustrasi jerawat punggung. (Foto: Racool Studio/Freepik)

BANYAK orang melaporkan mengalami jerawat punggung atau bacne. Layaknya jerawat di wajah, bacne timbul akibat kelebihan sebum dan terbentuknya sel kulit mati. Ada beberapa penyebab umum timbulnya jerawat punggung, di antaranya faktor genetik, efek samping obat, hormon, keringat, hingga stres.

Tapi ada juga beberapa penyebab lain munculnya jerawat punggung, misalnya konsumsi karbohidrat tertentu dan produk susu. Demikian diungkapkan America Academy of Dermatology.

Namun tenang saja, ada tujuh cara ampuh mengatasi jerawat punggung. Ini penjelasannya, seperti dipaparkan laman Healthline.

Baca juga: Tips Alami Obati Jerawat di Wajah, Patut Dicoba 

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan jerawat punggung menggunakan scrub halus dengan bahan seperti asam salisat. Ini efektif untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih pada kulit, dan mengurangi sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Jerawat punggung. (Foto: Shutt)

2. Segera mandi setelah olahraga

Seperti disebutkan sebelumnya, keringat bisa menjadi penyebab umum timbulnya jerawat. Maka itu, penting sekali untuk segera mandi setelah olahraga atau kegiatan lainnya yang menimbulkan keringat.

Baca juga: Selain Enak Dikonsumsi, Madu Juga Bisa Obati Jerawat di Wajah 

3. Cobalah tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh sudah digunakan orang Australia selama bertahun-tahun untuk mengobati berbagai masalah kulit. Ini terbukti membantu mengobati jerawat dan membunuh bakteri.

4. Gunakan pakaian longgar

Pakaian yang ketat bisa menjebak kotoran dan keringat. Jadi, lebih baik mengenakan pakaian longgar yang memungkinkan kulit untuk bernapas dan mengeringkan keringat.

5. Gunakan tabir surya yang tepat

Tabir surya peting digunakan setiap hari untuk menghindari sengatan sinar matahari. Namun, perhatikanlah produknya. Jika terlalu banyak mengandung minyak akan menyebabkan timbulnya jerawat. Pakai yang formulanya bebas minyak dan ringan di kulit.

Baca juga: Pemicu Timbul Jerawat dan Kulit Berminyak, Juga Cara Mengatasinya 

6. Makan makanan sehat

Makanan yang tinggi akan indeks glikemik seperti roti, pasta, nasi, dan kentang akan memperburuk jerawat punggung. Disarankan menyeimbangkannya dengan serat seperti sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian.

7. Jauhkan rambut dari punggung

Khusus untuk orang yang memiliki rambut panjang, usahakan jauhkan dari punggung dengan mengikat atau menggulungnya. Ini karena rambut akan menambahkan minyak dan kotoran ke punggung. Keramas rambut secara teratur dan hindari air bilasannya mengenai punggung, sebab bisa menyebabkan pori-pori tersumbat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini