Simak, Deretan Kesalahan Umum saat Cuci Muka

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 23:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 611 2412634 simak-deretan-kesalahan-umum-saat-cuci-muka-LtREcQGhA5.jpg Ilustrasi cuci muka. (Foto: Valuavitaly/Freepik)

ADA sejumlah kesalahan umum yang terjadi saat cuci muka. Sering kali kesalahan itu menimbulkan kulit iritasi. Jadi harus sesegera mungkin dihindari demi menjaga kesehatan kulit muka.

Pada dasarnya cuci muka adalah kegiatan yang wajib dilakukan setelah sibuk beraktivitas. Cuci muka dianjurkan dua kali sehari pada pagi dan malam.

Baca juga: Selain Enak Dikonsumsi, Madu Juga Bisa Obati Jerawat di Wajah 

"Secara realistis, Anda hanya perlu mencuci muka sekali sehari, paling banyak dua kali," ungkap Todd Minars MD, dokter kulit dan asisten Profesor Klinis Dermatologi di Fakultas Kedokteran Universitas Miami Amerika Serikat, sebagaimana dilaporkan laman NBC.

Ilustrasi cuci muka.

Cuci muka bertujuan membersihkan sisa-sisa debu dan riasan yang tertinggal di wajah. Mencuci muka sangat mudah, basahi dengan air lalu gunakan pembersih seukuran koin, dan pakai busa yang ada di ujung jari dengan lembut untuk membersihkan kotoran.

Tapi ada kesalahan umum saat cuci muka yang bisa memicu gangguan kesehatan. Sebagaimana dilansir laman The Healthy, ini dia beberapa kesalahan tersebut.

Baca juga: 10 Cara Jitu Mendapatkan Kulit Wajah yang Sehat dan Bercahaya 

1. Terlalu sering mencuci muka

Bagi orang yang memiliki kulit kering hanya perlu membersihkan wajah sekali sehari. Lalu bagi mereka yang memiliki kulit berminyak harus mencuci muka maksimal dua kali sehari. Lebih dari dari itu akan menyebabkan kulit kering dan membuatnya menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengimbanginya.

Jika mencuci muka hanya sekali, lakukan di malam hari, bukan di pagi hari. "Anda membersihkan kotoran dan polutan yang terakumulasi sepanjang hari. Matahari tidak hanya menyebabkan penuaan, tapi juga polutan," kata Mona Gohara MD, profesor klinis di Departemen Dermatologi Yale.

2. Menggunakan suhu air yang salah

Air yang terlalu panas menyebabkan kulit kering, sementara air dingin tidak akan membuat pori-pori terbuka. "Air hangat adalah suhu air terbaik. Tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin," kata dr Michele Green MD, ahli kulit kosmetik asal New York.

Baca juga: Wajah Berminyak Butuh Perawatan Khusus, Ikuti Cara Terbaik Ini 

3. Membersihkan wajah hanya pakai tisu

Gunakan tisu wajah hanya dalam keadaan darurat, jangan mengandalkannya untuk rutinitas mencuci muka. "Tisu tidak membersihkan kulit, dan mengandung bahan kimia," kata dr Green.

Simpan beberapa tisu di tas, tetapi tetap bersihkan wajah menggunakan pembersih dan air.

4. Terlalu sering melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan pengelupasan sel kulit mati yang membuat kuliit bersinar. Tapi pengelupasan kulit setiap hari dapat menyebabkan kulit kering dan mengelupas.

"Perasaan bersih seperti ditarik itu akan menyebabkan iritasi. Batasi eksfoliasi hanya sekali seminggu. Terlalu banyak melakukan eksfolisiasi dapat memicu masalah kulit," kata Ivy Lee MD, dokter kulit yang berbasis di Pasadena, California, Amerika Serikat.

5. Menggosok terlalu kuat

Tidak perlu menggosok wajah terlalu kuat untuk menghilangkan kotoran. Cukup menggosok pembersih dengan lembut akan membuat kulit bersih tanpa membuatnya kasar.

"Dengan pembersih yang tepat, Anda tidak perlu menggosok dengan keras," kata dr Green.

Baca juga: Benarkah Lesung Pipi Bisa Dibuat? Ini Faktanya 

6. Salah pakai produk

Sabun wajah berbusa bekerja baik untuk kulit berminyak, sementara pembersih yang melembapkan lebih baik untuk kulit kering. Demikian kata dr Gohara.

Kandungan alfa-hidroksi atau asam salisilat baik untuk kulit berminyak, tapi bisa terlalu keras untuk orang-orang yang tidak memiliki kulit berminyak. "Bukan produknya yang buruk, tetapi jenis kulitnya yang salah," kata dr Green.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini