5 Olahan Mi Lezat dari Mancanegara, Dijamin Bikin Ketagihan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 20 Mei 2021 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 298 2412719 5-olahan-mi-lezat-dari-mancanegara-dijamin-bikin-ketagihan-UQWAKSaLIc.jpg Olahan mi soba dari Jepang. (Foto: Lifeforstock/Freepik)

MI merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang. Hampir semua kalangan suka dengan berbagai olahan hidangan berbahan dasar mi.

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis olahan mi yang dapat dengan mudah dijumpai. Di antaranya mi aceh, mi ayam, mi goreng, mi rebus, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya di Tanah Air, ternyata di negara lain juga banyak sekali olahan mi yang bisa Anda coba. Sebagaimana telah MNC Portal rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/5/2021), berikut deretan olahan mi populer dari berbagai negara.

Baca juga: Terlalu Banyak Makan Mi Instan, Ini 4 Bahayanya untuk Kesehatan 

1. Bibim Guksu – Korea

Bibim guksu merupakan olahan mi khas Korea yang disajikan dalam keadaan dingin. Dalam proses pembuatannya, bibim guksu direbus terlebih dahulu seperti halnya mi pada umumnya, namun kemudian dibialas dengan air dingin.

Hidangan ini kemudian dibuat dengan campuran pasta cabai merah, bubuk cabai khas Korea, bawang putih, cuka, dan gula dan dihias dengan irisan mentimun, minyak wijen, dan telur rebus. Soal rasa, olahan mi ini masih bisa diterima oleh lidah orang Indonesia.

Olahan mi bibim guksu dari Korea. (Foto: Kps7942/Pixabay)

2. Buko Pancit – Filipina

Pancit adalah istilah untuk mi dalam masakan Filipina, bisa bihun, mi kuning, atau jenis mi lainnya. Buko pancit sendiri adalah mi yang berbentuk lebih tebal dari mi pada umumnya.

Sajian buko pancit dimasak dengan campuran sejumlah sayuran dan daging. Untuk menambah rasa, pancit disajikan dengan saus udang dan berbagai taburan seperti daun bawang dan telur rebus.

Baca juga: Mi Instan Rasa Cokelat Siap Dirilis, Netizen: Gimana Rasanya? 

3. Soba – Jepang

Soba merupakan hidangan yang terbuat dari mi tradisional Jepang yang dibuat dengan bahan utama tepung gandum. Soba merupakan salah satu masakan yang melekat sebagai makanan sehari-hari orang Jepang. Di Jepang, orang biasa menyebut soba untuk jenis mi yang tipis.

Soba juga dapat disantap dalam keadaan panas atau dingin. Jika dimakan dalam keadaan panas, soba disajikan dalam mangkuk berisi kuah kaldu. Jika dimakan dalam keadaan dingin, soba akan disajikan terpisah dengan saus celupnya.

4. Soto Babu Nini – Brunei Darussalam

Olahan mi asal Brunei Darussalam ini bernama soto babu nini. Di Brunei, Anda bisa dengan mudah mendapatkan olahan mi lezat ini, karena banyak penjual yang menjajakan makanan tersebut.

Soto babu nini terdiri dari mi kuning yang agak lebar dan campuran bihun, kuah bening, telur dan irisan daging yang membuat cita rasanya enak, gurih, juga lezat.

Baca juga: Mi Shirataki Sangat Rendah Kalori, Simak 3 Manfaatnya untuk Kesehatan 

5. Pho – Vietnam

Pho merupakan olahan mi khas Vietnam yang popularitasnya telah terdengar hingga mancanegara. Bentuk mi pho ini pipih dan agak tipis, kuahnya pun bening dan terlihat segar.

Kuahnya terlihat bening, tapi ternyata sangat kaya akan rempah-rempah seperti jahe, adas, ketumbar, saus ikan, dan saus hoisin yang kemudian dilengkapi kemangi, mint, daun bawang, cabai, tauge, hingga perasan jeruk nipis.

Selain itu, pho juga dilengkapi irisan daging sapi serta bakso yang bisa membuat Anda ketagihan dengan rasa segarnya. Jadi, kira-kira olahan mi yang mana yang Anda suka?

Olahan mi pho dari Vietnam. (Foto: Aedrozda/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini