4 Cara Tepat Mengolah Makanan Beku Supaya Tetap Bernutrisi

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 298 2413036 4-cara-tepat-mengolah-makanan-beku-supaya-tetap-bernutrisi-0ZERIdByYY.jpg Ilustrasi makanan beku. (Foto: Freepik)

SEJUMLAH makanan berupa daging, buah, atau sayuran dibekukan di dalam lemari pendingin untuk membuatnya tetap segar dan tahan lama. Makanan beku atau frozen food ini bisa dimakan kapan saja, cukup mengeluarkannya hingga tidak membeku lagi, kemudian diolah atau dimasak.

Ketika memasak makanan beku, hindari menggunakan terlalu banyak air, dan persingkat waktu memasaknya. Jika tidak dilakukan, bisa menyebabkan vitamin dalam buah atau sayuran beku tumpah ke dalam air dan menghasilkan produk yang kekurangan nutrisi.

Baca juga: Bisakah Virus Corona Covid-19 Bertahan dalam Makanan Kemasan? 

Sebagaimana dikutip dari laman Feminaindia, Jumat (21/5/2021), berikut panduan cara tepat mengolah makanan yang dibekukan.

1. Menumis sesuai kebutuhan

Tumis sayuran dalam wajan selama sekira 5 menit, kecuali instruksi pada kemasan menyarankan durasi yang lebih lama atau lebih pendek. Tambahkan minyak ke dalam campuran, dan bumbui dengan bumbu yang berbeda saat dimasak.

Makanan beku. (Foto: Thisisinsider)

2. Mengukus makanan beku

Mengukus tidak merusak nilai gizi sayuran seperti merebus. Ini juga merupakan cara yang efektif untuk memasak sayuran beku dengan cepat. Lihat petunjuk pada kemasan untuk metode ini, dan berhati-hatilah agar tidak melebihi durasi memasak yang disebutkan. Mengukus secara berlebihan dapat merusak tekstur sayuran.

Baca juga: Ini 3 Kelebihan Simpan Stok Frozen Food Selama Pandemi Corona 

3. Gunakan kertas timah

Tempatkan sayuran dalam kemasan kertas timah dengan sedikit minyak, dan posisikan di atas pemanggang dengan pengaturan api sedang atau sedang. Panggang selama 5 hingga 10 menit.

4. Memanggang sayuran beku

Memanggang sayuran beku harus sedikit lebih cepat daripada memasak produk segar. Anda bisa menambahkan bumbu untuk meningkatkan citarasa sayuran. Terus balik dan aduk agar tidak gosong. Lanjutkan selama 20 menit.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini