Kaki Sering Berkeringat, Ternyata Ini Penyebabnya

Antara, Jurnalis · Kamis 20 Mei 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 481 2412734 kaki-sering-berkeringat-ternyata-ini-penyebabnya-agzwFDSnSX.jpg Ilustrasi kaki berkeringat. (Foto: Javi Indy/Freepik)

SEJUMLAH orang mengalami kaki sering berkeringat. Kondisi ini terutama terjadi ketika cuaca sedang sangat panas. Penyebabnya bisa berbagai hal, salah satunya sepatu yang digunakan.

"Kaki, seperti tangan, cenderung berkeringat di musim panas, terutama bila Anda mengenakan sepatu atau sandal dengan bahan yang tidak dapat memungkinkan kulit bernapas," jelas pakar podiatrik asal New York, Nelya Lobkova, seperti dikutip dari laman Livestrong, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Apakah Deodoran Natural Cocok untuk Pria Aktif? 

Saat memilih sepatu, sebaiknya pilihlah yang bagiannya terdapat jaring udara. Seringkali sepatu atletik merupakan pilihan yang baik karena dirancang untuk meningkatkan aliran udara.

Alasan lain kaki berkeringat, Anda tidak mengenakan kaus kaki. Apabila kaki sangat berkeringat, fokuslah mengenakan kaus kaki yang terbuat dari bahan anti-lembap.

Kaki. (Foto: Pexels/Pixabay)

Hindari bertelanjang kaki dengan sepatu yang terbuat dari bahan penangkap panas (seperti kulit), karena hanya akan membuat lebih banyak berkeringat.

Selain itu, kata Lobkova, perhatikan kecukupan air minum Anda. Hidrasi yang tepat membantu tubuh tetap dingin. Apabila tidak minum cukup air, tubuh akan berjuang untuk mengatur suhunya, mengakibatkan lebih banyak keringat.

Baca juga: Pakai Antiperspiran Ternyata Lebih Tepat Malam Hari, Ini Alasannya 

Coba pertimbangkan kemungkinan Anda mengalami hiperhidrosis. Katakanlah kaki Anda banyak berkeringat, dan sepertinya jauh lebih banyak daripada orang kebanyakan. Kita berbicara tentang jenis berkeringat yang menyebabkan ada jejak kaki basah di lantai.

"Kaki berkeringat adalah hal yang umum, namun keringat berlebih jarang terjadi yang disebut hiperhidrosis," jelas Lobkova.

Anda mungkin termasuk di antara 5 persen populasi yang menderita hiperhidrosis bila kaki berkeringat secara berlebihan hampir sepanjang waktu daripada dalam keadaan tertentu seperti cuaca panas atau saat berolahraga.

Menurut International Hyperhidrosis Society, perawatan yang secara efektif mengontrol keringat kaki termasuk menggunakan antiperspiran.

Baca juga: 5 Kesalahan saat Pakai Deodoran Bikin Ketiak Bau hingga Iritasi 

Kaki yang berkeringat bisa menjadi penyebab pertumbuhan masalah kesehatan seperti kutil dan infeksi jamur atau bakteri. Tanda-tanda umum ada sesuatu yang salah misalnya bintik merah, bersisik, atau gatal.

Segeralah berkonsultasi dengan dokter atau ahli penyakit kaki untuk perawatan. Lalu sebelum masalah muncul apa yang bisa dilakukan untuk menghentikan kaki sangat berkeringat?

Cobalah merendam kaki menggunakan teh untuk menghilangkan keringat pada kaki. Buat secangkir teh hitam pekat, lalu tuangkan minuman tersebut ke dalam baskom berisi air dingin. Pastikan air memiliki suhu yang sesuai sebelum masuk ke kaki Anda.

Baca juga: Benarkah Keringat Itu Lemak yang Terbakar? 

"Teh hitam mengandung tanin yang memiliki sifat astringent untuk menyempitkan kelenjar keringat dan mengurangi keringat," papar Lobkova.

Selain itu, Anda bisa menaburkan bedak pada kaki sebelum memakai kaus kaki, mensterilkan sepatu sebelum memakainya dan mengeringkan bagian dalam sepatu apabila dapat dilepas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini