Insecure dengan Hubungan Asmara? Coba 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 20 Mei 2021 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 612 2412737 insecure-dengan-hubungan-asmara-coba-5-cara-ini-untuk-mengatasinya-6vfkSuhPZ4.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Suatu hubungan asmara akan melalui berbagai fase. Salah satu fase yang dapat mengguncang fondasi hubungan apa pun adalah ketidakamanan atau yang dikenal dengan rasa insecure.

Ketidakamanan ini tidak lain adalah hasil dari keraguan diri dan dapat merusak hubungan. Menjadi insecure bukanlah masalah, tetapi melewati batas justru menghasilkan hubungan beracun.

Karenanya, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi rasa insecure, seperti dilansir MNC Portal Indonesia dari laman Pinkvilla pada Rabu (120/5/2021).

Berhenti Membandingkan Keadaan Sekarang Dengan Masa Lalu

Pacaran

Jika ada sesuatu yang perlu diselesaikan akibat masalah tertentu, jangan pernah membandingkannya dengan masa lalu. Karena jika hasilnya lebih buruk dari masa lalu, ini hanya akan memicu timbulnya rasa insecure.

Karenanya, gunakan afirmasi positif ketika menyelesaikan masalah. Masa lalu sudah lewat, tidak ada gunanya fokus ke sana. Melainkan, dengan memiliki masa lalu, Anda dapat menuju masa depan yang lebih baik.

Baca Juga : Gaya Wulan Guritno Pakai Baju Menerawang Sampai Bra Terlihat, Makin Seksi!

Melihat Masalah yang Tidak Ada

Salah satu kebenaran pahit adalah bahwa kita cenderung mencari masalah ketika tidak terlihat. Hal ini mengakibatkan kesalahpahaman dan dapat menimbulkan pertengkaran.

Nah, situasinya dapat diperbaiki dengan berkomunikasi dengan pasangan Anda daripada mengarang situasi di kepala Anda. Yakinkan diri Anda hubungan yang sehat dengan menggunakan momen untuk curhat dan mengklarifikasi apa pun yang mengganggu Anda.

Baca Juga : Anya Geraldine Pamer Perut Rata, Kantong Celana Bolong Bikin Salfok Netizen

Otentik Pada Diri Sendiri

Semuanya dimulai dengan diri sendiri terlebih dahulu. Jika Anda tidak dapat memiliki hubungan yang sehat dengan diri Anda sendiri, sulit untuk mengharapkannya dari orang lain. Karena akar penyebab insecure muncul di dalam diri sendiri.

Untuk melatih diri sendiri, Anda harus jujur pada diri sendiri. Kendalikan apa yang Anda rasakan baik positif maupun negatif. Percayai naluri Anda sehingga Anda tidak bergantung pada keyakinan yang membatasi diri.

Rangkullah diri Anda dengan cara yang tidak pernah bisa dilakukan oleh siapa pun. Saat Anda mencintai diri sendiri, Anda akan melihat orang lain merasakan hal yang sama.

Hentikan Analisis Berlebih

Pikiran manusia cenderung membuat skenario untuk situasi yang tidak diinginkan. Salah satu tanda perasaan tidak aman yang paling umum adalah terlalu memikirkan setiap situasi.

Orang yang tidak percaya diri masih bisa merasa tidak dicintai tidak peduli seberapa banyak mereka diberitahu bahwa mereka dicintai karena imajinasi mereka menciptakan keraguan yang tidak perlu.

Ini akan menghentikan Anda menikmati apa yang ada di depan Anda. Jika Anda terus-menerus bertanya-tanya apa yang dipikirkan pasangan Anda, Anda tidak punya waktu untuk menikmati kebersamaan dengan mereka. Berhentilah menganalisis kata-kata mereka secara berlebihan atau bahkan sikap diam mereka.

Berdamai dengan Diri Sendiri

Pacaran

Kita cenderung menyalahkan diri sendiri atas apa pun yang membuat kita tidak nyaman. Ketika masa-masa sulit, Anda harus menjadi inspirasi Anda sendiri. Setiap kali Anda berpikir Anda sedang meragukan diri sendiri, beri semangat kepada diri sendiri.

Bicaralah dengan lantang tentang apa pun yang mengganggu Anda. Menangis sekeras yang Anda bisa, tapi jangan menyalahkan diri sendiri. Saat Anda tenang, bantu diri Anda keluar dari situasi tersebut.

Buatlah buku harian di mana Anda dapat menulis pemikiran motivasi Anda sendiri. Jadi, ketika Anda merasa tidak pada tempatnya, Anda dapat terbuka dan membaca kata-kata bijak Anda.

Ini akan memberi Anda kekuatan yang cukup dan akan terus mengingatkan Anda tentang saat-saat Anda melawan. Ingat, ini juga akan berlalu!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini