Tips Cegah Klaster Baru Covid-19 Usai Libur Lebaran

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 481 2413450 tips-cegah-klaster-baru-covid-19-usai-libur-lebaran-YsBAhE9gzB.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

Sejak libur Lebaran 1442 Hijriah, kasus positif Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan. Tentunya masyarakat harus waspada dan berhati-hati, sebab mulai melangkah ke luar rumah, virus Covid-19 sudah mengintai kemanapun kita pergi.

Meski demikian, masyarakat diimbau untuk tidak panik sebab penularan Covid-19 masih bisa dicegah dengan beberapa upaya. Merangkum dari laman Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta, Jumat (21/5/2021), berikut tips mencegah klaster baru penularan Covid-19.

Klaster Baru Covid-19

1. Hindari bepergian jika sedang sakit atau setelah kontak dengan pasien Covid-19. Pastikan badan fit saat harus keluar rumah.

2. Selalu menggunakan masker berlapis tiga. Jangan lengah dan sering melepas masker saat di tempat umum. Seseorang boleh melepas masker saat makan atau kegiatan yang mengharuskan untuk lepas masker.

Baca Juga : Pemakaian Vaksin AstraZeneca Dihentikan, Dokter Reisa: Jangan Pilih-Pilih Vaksin, Semua Dijamin Aman

3. Jaga jarak dan jangan berkerumun. Tetap perhatikan jarak saat berada di tempat umum minimal 1,5 meter.

4. Membawa barang keperluan pribadi. Usahakan membawa barang keperluan pribadi seperti perlengkapan ibadah, alat makan, dan alat minum untuk menghindari kontak bersama orang lain.

5. Melapor jika menemukan pelanggaran PPKM. Jangan enggan melaporkan pelanggaran yang kamu temukan lewat JakLapor di JAKI.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini