5 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Tanpa Suplemen

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 481 2413617 5-cara-meningkatkan-kekebalan-tubuh-tanpa-suplemen-Y11f2U65wW.jpg Ilustrasi meningkatkan kekebalan tubuh. (Foto: Senivpetro/Freepik)

DI masa pandemi covid-19 ini banyak orang mulai sangat peduli terhadap kesehatan, terutama sistem kekebalan tubuh. Mereka bahkan mencari tahu dengan detail apa yang diperlukan tubuh supaya tetap sehat.

Menjaga kesehatan tidak selalu dengan mengonsumsi suplemen setiap hari lho. Ada beberapa cara alami meningkatkan kekebelan tubuh tanpa perlu mengonsumsi suplemen herbal dan obat-obatan.

Dalam artikel ini MNC Portal akan membahas lima cara meningkatkan kekebalan tubuh tanpa suplemen dan obat herbal, sebagaimana dirangkum dari laman Times of India, Jumat (21/5/2021).

Baca juga: Ini 5 Asupan Sehat untuk Turunkan Berat Badan dan Tingkatkan Imunitas 

1. Tidur cukup

Tidur cukup merupakan pola hidup sehat dan dapat memengaruhi kekebalan tubuh. Menurut penelitian yang diterbitkan Journal of Experimental Medicine, tidur malam yang nyenyak dapat membantu Sel-T membunuh sel yang terinfeksi dalam tubuh dan mengatur respon imun, hormon adrenalin dan prostaglandin dalam tubuh rendah. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur cukup memiliki respon kekebalan tubuh yang baik dibanding orang yang kurang tidur.

Ilustrasi tidur. (Foto: Medicalnewstoday)

2. Hindari minum alkohol

Segelas alkohol rupanya memengaruhi sistem kekebelan tubuh lho. Akibatnya, tubuh kurang kuat melawan berbagai virus dan infeksi. Katakan tidak pada alkohol sekarang juga demi mendapatkan tubuh yang sehat.

Baca juga: Jaga Kesehatan Anak di Tengah Pandemi, Jangan Lupa Asupan Prebiotik dan Probiotik 

3. Jangan merokok

Merokok sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Selain dapat membahayakan jantung dan paru-paru, rokok juga menganggu tubuhmu dalam melawan virus serta bakteri. Jangan pernah merokok ya.

4. Kendalikan stres

Stres memang tidak baik untuk kesehatan fisik dan mental. Ini disebabkan saat stres, tubuh melepaskan hormon kortisol yang dapat menyerang kekebalan tubuh. Mulai sekarang kendalikan stressmu supaya terhindar dari sakit.

Baca juga: Tak Cuma Jeruk, Ini Deretan Buah yang Kaya akan Vitamin C 

5. Tetap aktif

Tetap aktif bergerak dengan olahraga dan berjalan. Ini dapat membuat tubuhmu sehat dan bugar. Menurut sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan Journal of Sport and Health Science, setiap kali melalukan olahraga ringan maka sistem pertahanan alami tubuh akan meningkat.

Olahraga lari. (Foto: Tikkho Maciel/Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini