5 Aktivitas Rumahan yang Efektif Membakar Kalori Tubuh

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 481 2413637 5-aktivitas-rumahan-yang-efektif-membakar-kalori-tubuh-iMirDm2Coo.jpg Bermain hula hoop salah satu aktivitas rumahan yang efektif membakar kalori tubuh. (Foto: Freepik)

SEMUA orang mengidamkan berat badan yang ideal. Segala aktivitas membakar kalori tubuh pun dilakukan untuk meraihnya.

Tetapi ternyata ada aktivitas menyenangkan dan mudah yang efektif membakar kalori hingga membantu menurunkan berat badan. Jadi, tidak hanya rutinitas olahraga berat.

Sebagaimana dilansir laman Times of India, Jumat (21/5/2021), berikut lima aktivitas rumahan yang dapat dikerjakan untuk membakar kalori tubuh.

Baca juga: Ini Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Program Diet, Perhatikan Jumlah Kalorinya 

1. Lompat tali

Lompat tali adalah bentuk latihan seluruh tubuh yang sangat baik. Ini membantu mengencangkan kaki, lengan, inti, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan membangun stamina.

Untuk orang yang memiliki berat badan sedang, lompat tali dapat membantu membakar lebih dari 10 kalori per menit.

Jika Anda melakukannya dengan rajin, bisa dengan mudah membakar kalori dalam jumlah yang cukup banyak. Mulailah dengan kecepatan lambat dan beralih ke sedang jika tubuh memungkinkan.

Tinju. (Foto: Master1305/Freepik)

2. Tinju

Jika ingin memicu adrenalin sekaligus membakar kalori, cobalah tinju. Aktivitas fisik yang tidak terlalu konvensional ini sangat baik untuk tulang dan otot.

Tinju adalah latihan kardio berdampak tinggi yang dapat membantu membakar lebih banyak kalori daripada jenis latihan kardiovaskular lainnya.

Satu jam sesi tinju dapat membantu membakar 400 hingga 500 kalori untuk orang dengan berat badan 75 sampai 80 kilogram. Selain itu, bisa membantu memperkuat tulang, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tangan serta mata.

Baca juga: 5 Olahraga yang Cepat Membakar Kalori, Berat Badan pun Turun 

3. Bersepeda

Banyak orang memilih bersepeda selama pandemi covid-19 ketika semua gym dan pusat kebugaran ditutup. Aktivitas ini membantu mengencangkan otot, memperkuat tulang, serta menurunkan berat badan. Untuk hasil maksimal, perlu menantang diri sendiri dan mendorong lebih keras.

Menurut ilmuwan dari Universitas Harvard, bersepeda dengan kecepatan sedang 12 hingga 13,9 mil per dapat membantu membakar 298 kalori dalam 30 menit. Mulailah perlahan dan jelajahi medan yang berbeda untuk hasil maksimal.

4. Melompat dengan trampolin

Hidupkan kembali masa kecil dan bakar sejumlah besar kalori dengan naik trampolin. Melompat di atas trampolin melibatkan otot seluruh tubuh dan membantu membakar lemak dengan cepat.

Menggunakan trampolin kebugaran memberikan tekanan rendah pada persendian dan mengencangkan setiap bagian termasuk kaki, paha, lengan, pinggul, serta perut. Ini mungkin sangat bermanfaat bagi orang gemuk dan mereka yang berurusan dengan masalah persendian karena kelebihan berat badan.

Selain itu, melompat di atas trampolin yang juga dikenal sebagai rebound membantu meningkatkan keseimbangan, kelincahan, dan meredakan nyeri punggung. Ini dapat membantu Anda membakar 100 hingga 150 kalori dalam 10 menit.

Baca juga: Berapa Kalori yang Dibutuhkan Tubuh per Hari? Cek dengan Metode Ini 

5. Bermain hula hoop

Memutar-mutar hula hoop adalah latihan yang luar biasa untuk mengencangkan pinggul, membakar kalori, memperkuat otot inti, dan meringankan suasana hati Anda. Untuk memaksimalkan manfaat dari sesi memutar-mutar, bisa menggunakan hula hoop berbobot. Jenis hula hoop ini sedikit lebih besar dan lebih berat daripada yang tradisional tetapi lebih menantang.

Menurut American Council on Exercise, hula hooping dengan intensitas rata-rata dapat membantu membakar 400 kalori per jam. Melakukan aktivitas ini bahkan selama 15 menit setiap hari dapat memperkuat otot jantung, memungkinkan jantung memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh, dan akhirnya menurunkan tekanan darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini