Beautypedia, 5 Cara Efektif Hilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 611 2413356 beautypedia-5-cara-efektif-hilangkan-ketombe-dengan-bahan-alami-uPQzaZrTdD.jpg Ilustrasi ketombe rontok di baju. (Foto: Shutterstock)

PERNAHKAH Anda coba menyingkirkan ketombe atau serpihan putih yang rontok di baju? Ketombe, selain mengganggu kepercayaan diri seseorang, juga menimbulkan rasa gatal yang membuatnya tidak nyaman.

Penyebab ketombe pun beragam, di antaranya kulit kepala berminyak, tidak cocok dengan kandungan sampo yang digunakan, dan masih banyak lagi. Tapi tenang saja, sebab ketombe bisa diatasi dengan bahan-bahan alami.

Seperti dikutip dari laman Feminaindia, Jumat (21/5/2021), berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan di rumah untuk menghilangkan ketombe.

Baca juga: Minyak Zaitun Ternyata Ampuh Obati Ketombe, Simak Cara Pakainya 

1. Cuka sari apel

Untuk menggunakannya mengatasi ketombe, cukup campurkan air dan cuka sari apel dengan perbandingan yang sama. Kemudian rendam rambut yang sudah dicuci dalam campuran ini. Pijat lembut kulit kepala dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

Jangan merendam rambut lebih dari 15 menit karena dapat menghilangkan minyak pada rambut dan menjadi tidak produktif. Perendaman ini bisa dilakukan hingga dua kali seminggu.

Yoghurt.

2. Yoghurt

Anda mungkin tahu bahwa yoghurt adalah obatan rumahan yang ampuh, termasuk mengatasi ketombe. Bakteri dalam yoghurt dapat mengatasi penyebab ketombe. Tidak hanya melawan bakteri, tetapi juga dapat menutrisi rambut dan membuatnya bersinar.

Oleskan yoghurt langsung ke rambut dan diamkan sekira setengah jam hingga 1 jam sebelum dicuci. Ini juga dapat dicampur dengan bahan lain tergantung pada masalah rambut Anda, seperti madu untuk rambut kering, lemon, cuka sari apel, dan lain-lain.

Baca juga: Jangan Remehkan Ketombe, Bisa Sebabkan Rambut Rontok dan Uban Loh 

3. Teh hijau

Teh hijau tidak hanya bermanfaat untuk pikiran dan tubuh, tetapi juga bagus untuk rambut. Dengan antioksidan dan nutrisinya, bilasan teh hijau dapat melawan ketombe sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut.

Seduh secangkir teh hijau yang kental dan biarkan dingin. Setelah mencuci rambut, rendam kulit kepala Anda beserta panjang rambut dalam teh ini dan diamkan selama sekira setengah jam sebelum dibilas. Anda juga bisa menggunakan botol semprot agar lebih mudah diaplikasikan pada rambut.

4. Biji fenugreek

Biji fenugreek atau kelabat diketahui sangat efektif melawan ketombe. Ini juga dapat digunakan sebagai pencegahan, tetapi prosedur harus diikuti untuk mencapai hasil terbaik. Caranya, biarkan biji terendam setidaknya selama beberapa jam atau semalaman. Kemudian tumbuk hingga menjadi pasta. Anda bisa menggunakan blender, lalu campurkan dadih atau lemon sebelum dioleskan ke rambut. Biarkan selama setengah jam dan kemudian bersihkan.

Baca juga: Masalah Ketombe dan Minyak di Rambut, Hilangkan dengan 5 Cara Ini 

5. Jus lemon

Dengan sifat asamnya, lemon dapat mengatasi masalah ketombe. Itu juga dapat memeriksa produksi minyak yang berlebihan di kulit kepala. Ambil beberapa sendok teh jus lemon dan oleskan ke kulit kepala, biarkan selama 5 hingga 10 menit. Kemudian campurkan sedikit jus lemon dalam air dan bilas lemon sebelum membilas rambut seperti biasa.

Lemon. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini