Rambut Berminyak Bikin Stres? Atasi dengan 10 Langkah Mudah Ini

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Sabtu 22 Mei 2021 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 611 2413795 rambut-berminyak-bikin-stres-atasi-dengan-10-langkah-mudah-ini-teZC2gDoHt.jpg Ilustrasi rambut wanita. (Foto: Lookstudio/Freepik)

CUACA panas dan keringat menyebabkan rambut berminyak. Seringkali kondisi ini membuat kesulitan menatanya. Rambut berminyak juga sekaligus menandakan keadaan yang kurang sehat.

Tapi tenang saja, ahli rambut asal India dr Blossom Kochhar membagikan beberapa langkah mudah untuk menangani rambut berminyak, seperti dilansir laman Times of India, Sabtu (22/5/2021).

Baca juga: Ini Dia 2 Cara Ampuh Atasi Rambut Kusut dan Kering 

1. Gunakan santan

Campurkan santan yang baru diekstraksi dengan lemon perasan dan 4 hingga 5 tetes minyak esensial lavender. Biarkan selama 4 sampai 5 jam lalu bilas.

2. Pakai minyak esensial nilam

Tepat sebelum keramas, ambil 1 sendok makan air dan 10 tetes minyak esensial nilam. Menggunakan jari, pakai minyak ini ke seluruh kulit kepala dan rambut. Lalu keramas rambut seperti biasa.

Rambut wanita. (Foto: Freepic Diller/Freepik)

3. Minyak esensial Ylang Ylang

Tambahkan 2 hingga 3 tetes minyak esensial ylang ylang ke sampo untuk dimasukkan ke perawatan rambut rutin. Minyak ini meningkatkan produksi sebum yang membuatnya sehat dan bergizi.

4. Cuci rambut dengan 2 sampo berbeda

Cara termudah untuk merawat kulit kepala berminyak adalah dengan mencuci pertama menggunakan sampo pengontrol minyak. Lakukan pencucian rambut kedua memakai sampo penambah kelembapan, ini khusus untuk rambutnya.

Baca juga: Idamkan Rambut Sehat Berkilau? Dapatkan dengan 4 Cara Sederhana Ini 

5. Sampo kering

Daripada berlebihan saat keramas rambut, beralihlah ke sampo kering. Gunakan hanya di bagian tengah dan sisir ke seluruh bagian rambut.

6. Tetap gunakan kondisioner

Mitos yang selama ini beredar adalah orang dengan rambut berminyak tidak membutuhkan kondisioner. Mereka membutuhkan kondisioner sama seperti mereka yang memiliki kulit kepala kering; mereka hanya perlu mengoleskannya pada rambut dan tidak membawanya ke kulit kepala. Gunakan kondisioner ringan, hindari penggunaan masker rambut.

7. Cuka sari apel

Untuk mengurangi minyak dari rambut, namun ingin tetap mengilap, gunakan cuka sari apel sebagai bilasan terakhir. Ambil 1 sendok teh untuk 1 cangkir air.

8. Gunakan produk untuk rambut berminyak

Pastikan menggunakan produk yang diformulasikan hanya untuk rambut berminyak, seperti menggunakan minyak rambut berminyak dan bukan minyak jarak atau minyak lainnya.

Baca juga: Deretan Cara Sederhana Menumbuhkan Rambut, Mudah dan Alami 

9. Hilangkan ketombe

Rambut berminyak berarti banyak ketombe yang lengket juga. Cara menghilangkannya ambil 1 sendok teh air jeruk nipis dalam minyak kelapa lalu oleskan ke seluruh kulit kepala.

10. Sisir alami

Hentikan menyisir rambut dengan tangan atau sisir sesering mungkin. Ini meningkatkan sebum rambut dan menyebabkan sifat berminyak. Jangan juga dibiarkan kusut, coba saja banyak menyikat dan jalankan jari-jari melalui rambut dan nikmati aliran alami rambut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini