Demi Lovato Umumkan Dirinya Non-Biner, Apa Itu?

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 612 2413299 demi-lovato-umumkan-dirinya-non-biner-apa-itu-WyzJBSFhsj.jpg Demi Lovato. (Foto: Instagram @ddlovato)

PENYANYI Demi Lovato menjadi pusat perhatian setelah mengumumkan dirinya sebagai non-binary atau non-biner. Kabar ini ia sampaikan langsung melalui unggahan di akun Twitter-nya.

"Hari ini adalah hari di mana aku sangat senang untuk berbagi lebih banyak tentang hidupku dengan kalian semua. Aku bangga untuk memberi tahu kalian bahwa aku mengidentifikasi sebagai non-biner," ungkap Demi Lovato.

Baca juga: Demi Lovato Umumkan Diri Sebagai Non-Biner, Bukan Laki-laki atau Perempuan 

Demi Lovato tidak mau menggunakan sapaan yang menyatakan gender seperti she (sapaan untuk jenis kelamin perempuan), melainkan they/them (mereka).

"Secara resmi akan mengubah kata ganti saya menjadi they/them di masa mendatang," tulisnya.

Demi Lovato.

Lantas, apa itu non-biner?

Dikutip dari laman Webmd, Jumat (21/5/2021), non-biner merupakan istilah umum untuk identitas gender yang tidak merujuk spesifik pada salah satu gender laki-laki atau perempuan.

Sebagian orang merasa tidak ada identitas gender yang cocok dengan mereka. Orang-orang ini dianggap non-biner, karena tidak mengidentifikasi sebagai bagian dari biner gender pria atau wanita.

Baca juga: 5 OOTD Red Carpet Demi Lovato yang Baru Umumkan Dirinya Non-Biner, Bukan Pria atau Wanita 

Istilah non-biner bisa berarti dua hal. Pertama, bisa merujuk pada jenis kelamin orang yang non-biner, mirip dengan istilah "jenis kelamin perempuan" atau "jenis kelamin laki-laki". Kedua, ini bisa merujuk pada berhubungan seks dengan orang non-biner.

Non-biner juga dieja non-binary dan terkadang disingkat menjadi "NB" atau "enby". Orang non-biner juga sering mengidentifikasi sebagai gender-nonconforming.

Ada banyak identitas individu yang dikelompokkan dalam istilah non-biner. Beberapa di antaranya:

- Agender atau seseorang tanpa identitas gender tertentu.

- Bigender atau seseorang yang mengidentifikasi dengan dua atau lebih jenis kelamin.

- Genderfluid atau seseorang yang identitas gendernya sering berubah.

- Genderqueer atau seseorang dengan jenis kelamin tertentu yang bukan jenis kelamin biner.

Baca juga: Maksud Demi Lovato Identifikasi Diri Sebagai Non-Biner 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini