Demi Lovato Ngaku sebagai Non-Biner, Apakah Sama dengan Interseks?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 612 2413336 demi-lovato-ngaku-sebagai-non-biner-apakah-sama-dengan-interseks-1HtvEvEDxy.jpg Demi Lovato. (Foto: Instagram @ddlovato)

PEMBAHASAN mengenai gender non-biner atau non-binary makin ramai setelah pengakuan dari penyanyi Demi Lovato. Ya, Demi Lovato baru saja mengumumkan bahwa dirinya non-biner.

Menurut penjelasan Human Right Campaign, non-biner yang diakui Demi Lovato adalah kondisi di mana seseorang tidak mengidentifikasi dirinya hanya sebagai pria atau perempuan.

Baca juga: Demi Lovato Umumkan Dirinya Non-Biner, Apa Itu? 

Artinya, mereka yang mengumumkan sebagai non-biner dapat mengidentifikasi dirinya sebagai laki-laki, perempuan, di antara dua jenis kelamin tersebut, atau bukan bagian dari kategori jenis kelamin sama sekali.

Demi Lovato.

Supaya pembahasan mengenai non-biner ini makin jelas, MNC Portal coba merangkum empat fakta mengenai non-biner ini. Dikutip dari laman Transequality.org, Jumat (21/5/2021), berikut pembahasan selengkapnya:

1. Non-biner bukan hal baru

Orang yang mengakui dirinya sebagai non-biner bukan semata-mata mengikuti tren terbaru atau dia bingung dengan identitas gendernya. Non-biner sejatinya telah ada selama ribuan tahun oleh budaya dan masyarakat di seluruh dunia.

Baca juga: Mengetahui Sapaan untuk Orang Non-Biner seperti Demi Lovato 

2. Beberapa orang non-biner melakukan tindakan medis untuk menyempurnakan gendernya

Beberapa, tidak semua, orang non-biner menjalani prosedur medis untuk membuat tubuhnya lebih kongruen dengan identitas gender mereka. Tidak semua orang non-biner membutuhkan perawatan medis untuk menjalani kehidupan yang memuaskan.

3. Kebanyakan transgender bukanlah non-biner

Beberapa transgender non-biner, tetapi sebagian besar transgender memiliki identitas gender baik 'male' atau 'female', dan harus diperlakukan seperti pria atau wanita lainnya.

Baca juga: 5 Gaya Demi Lovato yang Umumkan Dirinya Non-Biner, Bukan Perempuan atau Laki-Laki 

4. Orang non-biner beda dengan interseks

Menjadi catatan penting bahwa mengakui diri sebagai seorang non-biner itu tidak sama dengan orang interseks. Orang interseks memiliki anatomi atau gen yang tidak sesuai dengan definisi umum pria dan wanita.

Kebanyakan orang interseks mengidentifikasi dirinya sebagai seorang pria dan wanita. Tapi, orang non-biner biasanya tidak mengakui keduanya, di antara keduanya, atau sama sekali bukan keduanya.

Jadi, orang non-biner itu biasanya dilahirkan dengan tubuh yang mungkin sesuai dengan definisi umum pria dan wanita, tetapi identitas gender bawaan mereka adalah sesuatu selain pria atau wanita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini