Share

Selain Ganggu Fungsi Otak, Ini Bahaya Makan Berlebihan

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 21:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 612 2413752 selain-ganggu-fungsi-otak-ini-bahaya-makan-berlebihan-wIQY9wkal2.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MESKIPUN kita harus makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi, bukan berarti kita harus makan secara berlebihan loh. Kebanyakan makan bisa membuat perut terasa mual, dan mengganggu sistem pencernaan.

Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology: Endocrinology and Metabolism mengatakan bahwa makan berlebihan kadang-kadang tidak menimbulkan efek samping apapun, tetapi jika dilakukan secara teratur dapat memengaruhi berat badan, konsentrasi lemak, dan kadar gula darah.

Berikut ini 5 efek yang timbul akibat terlalu sering makan yang berlebihan:

Makanan

Memperlambat pencernaan

Makanan yang dikonsumsi secara berlebihan rupanya dapat memperlambat pencernaan, maka dari itu dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam perut. Makanlah makanan yang mengandung lebih banyak nutrisi supaya menghasilkan energi yang baik bagi tubuh dan terhindar dari obesitas.

Menyebabkan diabetes

Makan berlebihan dapat menyebabkan berat badan menjadi naik, yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2, kata American Diabetes Association. Makan berlebihan kronis menghentikan sel darah untuk mengubah glukosa darah menjadi energi dan mempersulit pengendalian kadar gula darah, sehingga meningkatkan risiko diabetes.

Mengganggu waktu tidur

Makan berlebihan dapat menyebabkan badan menjadi lesu dan dapat mengganggu pola tidur kalian loh. Makan terlalu banyak juga bisa menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman sehingga membuat kamu sulit tidur.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini