5 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Minggu 23 Mei 2021 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 23 298 2414113 5-makanan-penurun-tekanan-darah-tinggi-FW6AoH92dp.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TEKANAN darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu penyakit banyak penderitanya. Lebih dari 1 miliar orang di dunia menderita hipertensi. Ini merupakan risiko terbesar munculnya penyakit jantung.

Tetapi kabar baiknya adalah seseorang dapat mengontrol dan menjaga tekanan darah tinggi melalui makan sehat dan menerapkan pola hidup sederhana.

Baca juga: Tips Cegah Hipertensi, Tekanan Darah Tinggi yang Bisa Berakibat Fatal 

Bila tekanan darah sistolik seseorang (angka atas) lebih dari 130 mm Hg dan tekanan darah diastolik lebih dari 80 mm Hg, orang tersebut dikatakan memiliki tekanan darah tinggi.

Dirangkum dari laman Times of India, Minggu (23/5/2021), ini dia delapan makanan penurun tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi. (Foto: Huffpost)

1. Jeruk

Buah jeruk tidak hanya bagus untuk kekebalan tubuh, tetapi juga memiliki efek yang kuat sebagai penurun tekanan darah tinggi. Jeruk sarat dengan mineral, vitamin, dan berbagai senyawa yang membantu menjaga kesehatan jantung serta mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita Jepang menemukan bahwa rutin minum jus jeruk setiap hari dan melakukan olahraga jalan kaki bisa menurunkan tekanan darah sistolik.

2. Pisang

Pisang kaya akan potasium, mineral yang berperan besar dalam mengendalikan hipertensi. Kalium mengurangi efek natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah.

Baca juga: Stroke, Hipertensi, hingga Diabetes Kerap Terjadi Pasca-Lebaran

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak sangat kaya asam lemak omega 3 yang sangat bagus untuk kesehatan jantung. Lemak ini membantu mengurangi tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan oxylipin, senyawa penyempit pembuluh darah. Penelitian telah mengaitkan asupan tinggi asam lemak omega 3 dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah.

4. Biji labu

Biji labu kaya akan nutrisi yang membantu mengontrol tekanan darah. Biji labu memiliki magnesium, kalium, dan arginin yang semuanya penting untuk relaksasi tekanan darah dan dengan demikian mengurangi. Anda bisa memasukkan biji labu atau minyak labu ke dalam makanan harian untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Sehatkan Perut hingga Turunkan Hipertensi, Konsumsi Saja Daun Mangga 

5. Kacang dan lentil

Kacang dan lentil kaya serat, kalium, serta magnesium yang membantu menurunkan tekanan darah. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa memasukkan kacang-kacangan dan lentil ke menu makanan bakal membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Tinjauan terhadap delapan studi menemukan bahwa kacang-kacangan dan lentil ketika ditukar dengan makanan lain menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan pada orang yang menderita hipertensi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini