4 Manfaat Makan Oatmeal Setiap Pagi, Bisa Cegah Sakit Jantung hingga Kanker

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 24 Mei 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 23 298 2414396 4-manfaat-makan-oatmeal-setiap-pagi-bisa-cegah-sakit-jantung-hingga-kanker-NPK34TJZ59.jpg Oatmeal. (Foto: Jcomp/Freepik)

TAHUKAH kamu bahwa oatmeal merupakan salah satu sarapan paling ideal dan sehat yang baik dikonsumsi setiap pagi. Ini dikarenakan oatmeal kaya gandum utuh, serat, biji-bijian bebas gluten, vitamin dan mineral, serta antioksidan penting yang dibutuhkan untuk menambah energi tubuh dan termasuk kategori karbohidrat bersih yang bergizi.

Maka itu, mengonsumsi oatmeal sangat cocok untuk orang-orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Ini berasal dari biji-bijian bebas gluten dan kaya vitamin, mineral, serat, serta antioksidan penting.

Baca juga: Yuk Mandi Oatmeal, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit 

Nah, berikut ini empat manfaat kesehatan rutin mengonsumsi oatmeal pada pagi hari, seperti dinukil dari laman Times of India, Senin (24/5/2021).

1. Sangat bergizi dan memberi vitamin serta mineral penting

Oat adalah salah satu makanan kaya nutrisi yang baik dikonsumsi setiap pagi. Kandungan dalam satu mangkok oatmeal terdiri dari jumlah tinggi protein, fosfor, magnesium, zat besi , vitamin B1, vitamin B5 dan kalsium, kalium, vitamin B6, serta vitamin dalam jumlah tinggi B3.

Oatmeal.

2. Memberi tubuh energi yang tahan lama

Semangkok oatmeal yang siap dikonsumsi mengandung 28 gram karbohidrat. Oatmeal adalah karbohidrat bersih yang sehat serta memberikan tubuh energi yang tahan lama yang membantu dalam menurunkan berat badan. Direkomendasikan membuat oatmeal polos tanpa ada tambahan topping. Hal ini disebabkan topping mengandung banyak gula.

3. Membuat kenyang lebih lama dan bantu menurunkan berat badan

Oat mengandung beta-glucan yang membantu memperlambat pencernaan, membuat tubuh kenyang lebih lama. Dengan demikian mengonsumsi oatmeal sangat cocok untuk orang yang sedang menjalankan program diet.

Baca juga: Ternyata Oatmeal Bisa untuk Bikin Bubur Ayam Lho, Cobain Yuk 

4. Cegah sakit jantung koroner hingga kanker usus besar

Berbagai antioksidan yang dikenal sebagai avenanthramides ditemukan dalam oatmeal. Avenanthramides mewujudkan sifat anti-inflamasi dan anti-gatal serta memberikan perlindungan ekstra terhadap penyakit jantung koroner, kanker usus besar, dan iritasi kulit.

Oatmeal juga membantu mengontrol tekanan darah. Oatmeal memiliki kandungan tinggi serat larut beta-glucan yang disertai banyak manfaatnya.

Selain itu, oatmeal membantu mengurangi kadar kolesterol dan kadar gula darah sehingga dapat menyehatkan jantung serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini