Yuk Perbanyak Langkah Berjalan, Bisa Memperpanjang Usia Lho

Antara, Jurnalis · Minggu 23 Mei 2021 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 23 481 2414186 yuk-perbanyak-langkah-berjalan-bisa-memperpanjang-usia-lho-sM5e09BD6m.jpg Ilustrasi langkah kaki. (Foto: Fotorech/Pixabay)

SEBUAH penelitian terbaru menemukan bahwa memperbanyak langkah berjalan setiap hari bisa memperpanjang usia. Hasil penemuan ini dipresentasikan dalam acara "Epidemiologi dan Pencegahan, Gaya Hidup, dan Kesehatan Kardiometabolik" oleh Asosiasi Jantung Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari Antara, Minggu (23/5/2021), temuan tersebut menyatakan bahwa orang yang mengambil lebih banyak langkah setiap hari memiliki risiko kematian yang jauh lebih rendah dibanding mereka yang kurang aktif.

Baca juga: Manfaat Sering Berjalan Kaki, Dicoba Yuk! 

Manfaat kesehatan ditemukan pada orang-orang yang secara konsisten melakukan jalan kaki dibanding dengan yang hanya sesekali.

Bukti sebelumnya telah menemukan bahwa berjalan kaki memiliki berbagai efek kesehatan yang positif, mulai dari perbaikan kardiovaskular, kualitas tidur yang lebih baik, hingga peningkatan kesehatan mental.

Ilustrasi jalan kaki.

Anda tidak perlu berkomitmen untuk berjalan jauh setiap hari demi meningkatkan kesehatan. Sebab, berjalan beberapa langkah melalui aktivitas sehari-hari memiliki manfaat kesehatan yang sama.

"Jalan kaki adalah bentuk olahraga sedang yang termudah dan termurah. Selain sepatu suportif, tidak memerlukan peralatan khusus, dan Anda tidak perlu memaksakan diri berkeringat untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bahkan tidak memerlukan pakaian khusus," ungkap dr Elizabeth Gardner, spesialis kedokteran olahraga dari Fakultas Kedokteran Yale dan tim dokter di Yale Athletics, seperti dikutip dari laman Healthline.

Baca juga: Banyak Keuntungan Diraih dari Jalan Kaki Menuju Masjid, Apa Saja Ya? 

Berjalan Mengurangi Risiko Kematian

Para peneliti mengevaluasi 16.732 wanita berusia 60 tahun ke atas yang mengenakan penghitung langkah di pinggang antara tahun 2011 dan 2015.

Langkah setiap peserta dibagi menjadi dua kelompok, jalan yang lebih panjang yang berlangsung setidaknya 10 menit dan berjalan singkat, seperti naik tangga atau berjalan ke mobil.

Para peneliti kemudian menindaklanjuti penelitian ini selama 6 tahun hingga 2019. Peneliti mengidentifikasi penurunan 32 persen kematian di antara mereka yang mengambil setidaknya 2.000 langkah sehari.

Baca juga: Jalan Kaki 10.000 Langkah, Berapa Kalori yang Dibakar? 

Setiap peningkatan 1.000 langkah sehari dikaitkan dengan penurunan 28 persen terhadap kematian.

Manfaat kesehatan yang dicapai dari sekira 4.500 langkah setiap hari, serupa di antara orang-orang yang berjalan dalam waktu singkat dan mereka yang berjalan lebih lama tanpa gangguan.

Ilustrasi jalan kaki. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini