3 Asupan Sehat yang Baik Dikonsumsi saat Pemulihan dari Covid-19

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Minggu 23 Mei 2021 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 23 481 2414290 3-asupan-sehat-yang-baik-dikonsumsi-saat-pemulihan-dari-covid-19-4EzszUuc5x.jpg Ilustrasi asupan sehat. (Foto: Freepik)

WABAH covid-19 masih melanda banyak negara di dunia. Banyak orang masih membutuhkan perawatan di rumah sakit akibat terinfeksi covid-19, ada juga yang sudah sembuh.

Lalu bagi mereka yang telah pulih, diimbau terus mengonsumsi asupan sehat agar segera pulih seperti sedia kala. Tapi, tidak semua penganan bisa melakukannya, hanya ada beberapa.

Baca juga: Ini 5 Asupan Sehat untuk Turunkan Berat Badan dan Tingkatkan Imunitas 

Seperti dilansir dari laman Times of India, Minggu (23/5/2021), berikut ini tiga jenis makanan dan minuman yang harus dikonsumsi seseorang dalam masa pemulihan dari terinfeksi covid-19.

Pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

1. Makanan kaya vitamin C, magnesium, dan kalsium

Jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan untuk wanita adalah 75 miligram dan untuk pria adalah 90 miligram. Makanan kaya vitamin C antara lain jeruk, paprika merah, brokoli, stroberi, nanas, dan kiwi.

Jumlah zat seng yang disarankan per hari adalah 8 miligram untuk wanita dan 11 miligram untuk pria. Beberapa makanan yang kaya seng antara lain kacang mete panggang kering, kacang panggang, tiram matang, dan patty daging sapi rebus.

Baca juga: Pasca-Puasa, Jangan Abaikan Makan 3 Kali Sehari 

2. Suplemen

Saat sakit, Anda mungkin kehilangan nafsu makan yang membuat sulit mendapatkan nutrisi dibutuhkan. Dalam kasus seperti itu, suplemen dapat menjadi sumber vitamin dan mineral.

Meskipun bisa mendapatkan semua nutrisi dari makanan yang sehat dan seimbang, Anda juga dapat menambahkan suplemen jika diperlukan. Anda bisa mencoba ginseng dan bawang putih untuk mengurangi durasinya serta mengurangi keparahan gejalanya.

3. Minumlah air, kaldu, dan teh bebas kafein

Selain makan dengan benar, minum cukup air dan menjaga tubuh tetap terhidrasi juga penting. Pilek dapat membuat Anda dehidrasi, oleh karena itu penting untuk tetap minum air, teh, serta kaldu untuk mencegah dehidrasi.

Hidrasi penting untuk melawan infeksi atau virus. Tetapi Anda tidak boleh mengonsumsi minuman manis seperti soda karena dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan menunda pemulihan. Minuman lain yang harus dihindari termasuk kopi, alkohol, dan jus buah.

Baca juga: Bikin Masakan Jadi Lebih Sehat, Yuk Ikuti 7 Cara Jitu Ini 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini