Ini Dia 4 Menu Diet Vegetarian yang Tinggi Protein

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Senin 24 Mei 2021 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 24 298 2414761 ini-dia-4-menu-diet-vegetarian-yang-tinggi-protein-ZZUgYHwBBk.jpg Ilustrasi sumber protein. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

ADA banyak jenis diet di dalam kehidupan manusia. Tujuan dari masing-masing diet pun berbeda. Ada yang untuk menurunkan berat badan hingga peningkatan kesehatan lainnya. Salah satu jenisnya adalah diet vegetarian.

Diet vegetarian adalah pola hidup atau kegiatan berpantang mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan seperti daging, unggas, dan ikan. Pelaku diet vegetarian hanya mengonsumsi makanan dari sayuran dan hasil tumbuhan.

Baca juga: Menghitung Kebutuhan Protein Harian yang Dibutuhkan Tubuh 

Tapi pelaku diet vegetarian tetap membutuhkan protein, seperti banyak dikandung makanan hewani. Pasalnya, protein membentuk blok bangunan tubuh manusia. Seseorang perlu memastikan mengonsumsinya dengan cukup.

Nah, berikut menu makanan diet vegetarian yang tinggi protein, sebagaimana dirangkum dari laman Feminaindia, Senin (24/5/2021).

Kacang hijau. (Foto: Freepik)

1. Kacang hijau

Kacang hijau adalah asupan protein tertinggi. Kacang jenis ini memiliki 9 gms protein ketika dimasak (240 ml). Ini mencakup 25 persen serat harian Anda; termasuk vitamin A, C, dan K.

Baca juga: Tinggi Protein, 3 Camilan Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh 

2. Kecambah

Kecambah dikenal sebagai sayuran dengan kualitas nutrisi yang tinggi. Sebab, dikemas dengan protein dan mudah dicerna. Jika Anda benar-benar menjalani diet ketat untuk menurunkan berat badan, bisa beralih mengonsumsi kecambah setiap hari.

3. Susu kedelai

Susu merupakan sumber protein yang sangat baik, namun beberapa alternatif produk susu seperti susu kedelai memiliki khasiat yang cukup meyakinkan untuk mengganti susu. Susu kedelai terbuat dari kacang kedelai dan air yang disaring. Satu cangkir susu kedelai tanpa pemanis mengandung 7 gram protein. Rendah karbohidrat dan lemak dibandingkan dengan susu sapi. Itu juga terbaik untuk orang dengan intoleransi laktosa.

Baca juga: 7 Makanan Kaya Protein, Bisa Jadi Pengganti Tahu dan Tempe 

4. Oat

Oat tidak hanya tinggi protein, tetapi juga sumber serat larut dan mudah dicerna. Secangkir kecil gandum memberi Anda 6 gram protein dan menurunkan risiko penyakit jantung dan kolesterol. Secangkir gandum di pagi hari adalah cara yang bagus untuk memulai hari Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini