Mitos atau Fakta, Ibu Hamil Makan Lele Pancingan Bayi Akan Bibir Sumbing?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 25 Mei 2021 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 481 2415346 mitos-atau-fakta-ibu-hamil-makan-lele-pancingan-bayi-akan-bibir-sumbing-PnEMfzExJd.jpg Ilustrasi (Foto : Kiloejournails)

Beredar informasi di masyarakat bahwa ibu hamil makan ikan lele hasil pancingan malam-malam yang didapat suaminya akan bikin bayi yang sedang dikandung bibir sumbing. Anggapan ini dipercaya sebagian orang dan membuat ibu hamil sangat hati-hati mengonsumsi makanan.

Tapi, apakah ada kaitannya antara ikan pancingan dengan bibir sumbing pada bayi yang dikandung? Selain mitos itu, ada lagi informasi yang mengatakan bahwa ibu hamil dilarang menjahit karena akan bikin bayinya bibir sumbing juga.

Ikan Lele

Menanggapi hal tersebut, Dokter Spesialis Bedah Plastik dr Yantoko, SpBP, RE, mengatakan dengan tegas bahwa tidak ada kaitannya makan ikan hasil pancingan malam-malam dengan bibir sumbing.

"Banyak mitos di masyarakat soal bibir sumbing salah satunya makan ikan hasil pancingan malam-malam, ini salah banget dan enggak ada kaitannya sama bibir sumbing," kata dr Yantoko dalam acara Media Gathering Smile Train Indonesia X SnackVideo, di kawasan Puncak, Jawa Barat, Selasa (25/5/2021).

Baca Juga : Deteksi Bibir Sumbing Pada Bayi dalam Kandungan, Bisa Kok

Bibir sumbing sendiri adalah bentuk cacat pada tubuh bayi yang tidak fatal, artinya tidak mengganggu atau tidak berkaitan dengan keberlangsunan janin. Bibir sumbing disebabkan oleh banyak faktor.

"Sampai saat ini belum ada penyebab pasti bibir sumbing. Ini masalah yang multifaktor, bisa karena genetik, obesitas, ataupun adanya trauma pada ibu saat hamil," terang dr Yantoko.

Baca Juga : Penyebab Bibir Sumbing Masih Misterius, Ribuan Kasus Bermunculan Tiap Tahun

Selain masalah itu, ada juga dugaan penyebab bibir sumbing yaitu kekurangan gizi saat hamil, salah satunya tidak tercukupinya asam folat saat ibu hamil. Asam folat adalah nutrisi yang cukup penting bagi ibu hamil karena itu yang akan menentukan pertumbuhan janin dengan baik.

Kencing manis, sambung dr Yantoko, juga menjadi penyebab bibir sumbing. "Tapi, sampai saat ini belum ada penyebab pasti kenapa bayi bisa mengalami bibir sumbing. Meski begitu, solusi agar bayi tidak bibir sumbing sudah dapat diketahui, salah satunya adalah memastikan ibu dalam kondisi sehat saat hamil dan menjami nutrisi selama hamil tercukupi dengan baik," tambah dr Yantoko.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini