Perkawinan Saudara Tingkatkan Risiko Bayi Lahir Bibir Sumbing

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 25 Mei 2021 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 481 2415385 perkawinan-saudara-tingkatkan-risiko-bayi-lahir-bibir-sumbing-iRqogNFWZS.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Sampai sekarang belum ada yang bisa memastikan penyebab pasti bayi lahir bibir sumbing. Namun, masalah kelainan ini dikaitkan dengan banyak faktor risiko, salah satunya perkawinan saudara.

Ya, mereka yang memilih untuk menikah dengan saudara sendiri, misal pernikahan dengan sepupu, menurut Dokter Spesialis Bedah Plastik dr Yantoko, SpBP, meningkatkan risiko bayi lahir bibir sumbing.

"Praktik pernikahan saudara itu menjadi risiko tinggi bayi lahir dengan kondisi bibir sumbing. Karena itu, kami tidak merekomendasikan praktik tersebut," kata dr Yantoko dalam acara yang dihelat di kawasan Puncak, Jawa Barat, Selasa (25/5/2021).

Pernikahan

Sayangnya, sambung dr Yantoko melanjutkan, sampai sekarang masih banyak ditemukan kasus pernikahan saudara tersebut. Maka dari itu, dia terus berupaya mengedukasi masyarakat mengenai risiko pernikahan saudara.

"Jika memang masih ada yang melakukannya, kami hanya bisa sebatas mengingatkan risikonya dan calon orangtua siap dengan risikonya," tambah dr Yantoko.

Baca Juga : Mitos atau Fakta, Ibu Hamil Makan Lele Pancingan Bayi Akan Bibir Sumbing?

Selain pernikahan saudara, perilaku berisiko lain dari kelahiran bayi bibir sumbing adalah ibu hamil terlalu muda atau hamil dalam usia tua. Kondisi tersebut tidak memaksimalkan pertumbuhan janin.

"Pernikahan anak itu berisiko juga menyebabkan bayi lahir dengan kondisi bibir sumbing, pun para ibu yang hamil di usia tua. Penyerapan nutrisi bayi di dalam janin tidak bisa maksimal," tuturnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini