Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi sebagai Penyemangat Bekerja, Pagi atau Sore Hari?

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 25 Mei 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 481 2415506 kapan-waktu-terbaik-minum-kopi-sebagai-penyemangat-bekerja-pagi-atau-sore-hari-QHkkyfYnLP.jpg Ilustrasi minuman kopi. (Foto: Mrsiraphol/Freepik)

BAGI kebanyakan orang dewasa, khususnya di kalangan kelompok pekerja, minum kopi sudah menjadi kebiasaan wajib setiap harinya. Kopi dinilai sebagai penyemangat untuk bekerja.

Mereka biasanya mengandalkan minuman kopi untuk tetap fokus, semangat, dan berkonsentrasi saat bekerja. Pasalnya, minuman kopi bisa merangsang sistem saraf tubuh sehingga membantu berkonsentrasi lebih baik dan mempercepat waktu reaksi.

Baca juga: Deretan Camilan yang Pas untuk Minum Kopi, Mana Favoritmu? 

Efek menyeruput minuman kopi seperti disebutkan itu standarnya hanya bertahan selama 6 jam. Inilah kenapa waktu meminum kopi menjadi aspek penting.

Lantas mana yang lebih baik untuk waktu minum kopi sebagai penyemangat bekerja? Pagi hari ketika memulai pekerjaan atau siang hari di sela-sela kesibukan?

Ilustrasi kopi. (Foto: Rawpixel/Freepik)

Secara ilmiah, waktu sempurna untuk meminum kopi dipengaruhi faktor usia. Bagi kelompok orang dewasa muda, minum kopi di pagi hari bisa membantu meningkatkan kinerja.

Dari hasil sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2016, melibatkan mahasiswa yang merupakan peminum kopi biasa sebagai peserta, peneliti menggelar tes terhadap mereka dengan cara ujian memori pada pukul 06.00 dan 14.00.

Hasilnya ditemukan bahwa peserta penelitian yang diberi minuman kopi sebelum ujian pagi menunjukkan peningkatan kinerja. Sementara kelompok yang minum kopi sebelum ujian pada pukul 14.00 tidak menunjukkan hasil sama.

Baca juga: Dari Sakit Kepala hingga Disfungsi Ereksi, Inilah 5 Manfaat Kopi 

Dikatakan oleh Tamar Samuels, ahli diet terdaftar sekaligus co-founder Culina Health, waktu terbaik minum kopi bisa dilihat dari batas toleransi kafein di tiap orang.

"Jika Anda tipe orang yang punya toleransi rata-rata (standar) terhadap kafein, maka setelah minum kopi baik itu di pagi atau sore hari, Anda akan merasa lebih waspada dan fokus untuk 1 hingga 6 jam ke depan. Anda bisa menentukan waktu minum kopi tergantung kapan diri Anda perlu merasa terjaga dan fokus sepanjang hari," jelas dia, seperti dikutip dari laman Huffington Post, Selasa (25/5/2021).

Sementara Zhaoping Li, profesor kedokteran dan kepala divisi nutrisi klinis di University of California, Los Angeles, Amerika Serikat, menyarankan coba meminum kopi di jam berbeda untuk bisa melihat zona waktu mana yang dirasa jadi waktu terbaik agar efek kopi bisa terasa optimal.

Mengingat faktanya, seperti dikatakan Profesor Zhaoping, setiap sel dalam tubuh manusia memiliki jam biologisnya masing-masing.

Baca juga: Habis Minum Kopi Jangan Gosok Gigi, Ini Alasannya 

"Bagaimana tubuh kita merespons makanan, nutrisi, termasuk kafein, sangatlah bervariasi. Setiap individu mungkin punya sweet spot sendiri. Jadi saran terbaik yang saya berikan adalah mencoba yang terbaik untuk diri sendiri. Saya menyarankan untuk minum kopi pada jam kerja yang berbeda di hari kerja dan lihat apa yang Anda rasakan. Jika tidak terasa apa-apa, maka mungkin harus mencoba waktu lain atau waktu yang berbeda dengan obat apa pun yang mungkin sedang dikonsumsi," jelas Profesor Zhaoping.

Ia menambahkan, sejauh ini tidak ada penelitian yang menyakinkan tentang apakah minum kopi di pagi atau sore hari menjadi zona waktu yang terbaik bagi semua orang, terutama kaum pekerja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini