Wajib Tahu, 5 Makanan Sumber Protein Ini Efektif Turunkan Berat Badan

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 26 Mei 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 481 2415527 wajib-tahu-5-makanan-sumber-protein-ini-efektif-turunkan-berat-badan-kyO4CfjB7p.jpg Makanan sumber protein. (Foto: Master1305/Freepik)

MENGONSUMSI makanan berprotein tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh badan Anda. Meningkatkan asupan makanan sumber protein saat menjalani program diet akan sangat membantu Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama dan membangun masa otot tanpa lemak.

Protein adalah salah satu makronutrien terpenting yang dibutuhkan tubuh untuk regenerasi dan pertumbuhan sel. Secara umum, seseorang diharuskan mengonsumsi 0,8 gram protein setiap hari agar tetap bugar dan sehat.

Jika sekarang Anda sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, berikut lima sumber protein terbaik untuk ditambahkan ke menu makanan Anda, seperti dirangkum dari laman Times of India, Rabu (26/5/2021).

Baca juga: Ini Dia 4 Menu Diet Vegetarian yang Tinggi Protein 

1. Cottage cheese (keju lembut)

Cottage cheese atau keju lembut adalah makanan pokok yang banyak digunakan untuk orang yang sedang diet. Ini dikarenakan cottage cheese rendah kalori.

Sebanyak 100 gram cottage cheese mengandung 11 gram protein. Selain itu, keju ini memiliki kalsium tinggi dan rendah kalori.

Anda bisa membuatnya dalam bentuk kari, menggoreng, atau menambahkannya ke salad. Asupan ini memberikan rasa kenyang dan membantu membangun masa otot tanpa lemak.

Makanan sumber protein. (Foto: Shutt)

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan camilan yang dapat penurunan berat badan. Kacang dan biji-bijian merupakan sumber protein dan nutrisi penting. Kacang dalam genggaman tangan Anda mengandung 6 hingga 10 gram protein dan membuat perut kenyang.

Baca juga: Menghitung Kebutuhan Protein Harian yang Dibutuhkan Tubuh 

3. Kacang lentil

Kacang lentil yang bentuknya menyerupai kacang hijau bisa menjadi sumber protein sangat baik bagi Anda yang menjalankan pola makan vegetarian. Ada begitu banyak jenis kacang lentil yang dapat diolah dengan berbagai cara untuk ditambahkan ke menu makanan.

Secangkir kacang lentil mengandung 18 gram protein dan sekira 16 gram serat. Semua itu membuat Anda kenyang dan membantu menyehatkan pencernaan.

4. Dada ayam

Dada ayam adalah sumber protein berkualitas tinggi lainnya untuk Anda yang menjalankan pola makan non-vegetarian. Sebanyak 85 gram dada ayam mengandung sekira 20 gram protein dan hanya 1 gram lemak.

Dada ayam merupakan makanan enak yang rendah kalori. Mengonsumsi dada ayam dapat membuat Anda tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama. Usahakan dalam mengonsumsi dada ayam jangan menggunakan banyak minyak dan tambahkan sayuran ke dalam hidangan Anda.

Utamakan mengonsumsi dada ayam yang masih segar. Semua itu dilakukan agar Anda bisa merasakan mendapatkan protein terbaik dari dada ayam tersebut.

Baca juga: Tinggi Protein, 3 Camilan Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh 

5. Telur

Telur adalah makanan tinggi protein dan bergizi. Satu telur utuh mengandung 6 gram protein dan mikronutrien lain yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik. Jangan buang kuning telurnya, karena memiliki khasiat yang baik dipercaya dapat mengatasi kadar kolesterol jahat. Tapi yang menjadi perhatian makanlah telur secukupnya saat Anda coba mengurangi berat badan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini