Bahayanya Rokok Konvensional dan Rokok Elektrik!

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 25 Mei 2021 22:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 481 2415551 bahayanya-rokok-konvensional-dan-rokok-elektrik-8GQJXYOhgG.jpg (Foto : RCTI Plus)

HALO pengguna RCTI+, siapa yang sering melihat konten kesehatan milik dr. Nadia Alaydrus, yang ada di social media miliknya? Nah, kali ini dr. Nadia akan membagikan informasi lengkap seputar kesehatan dalam Podcast Kata Dokter, langsung saja coba dengarkan Podcast Kata Dokter dalam aplikasi RCTI+ ya!

Sebagai pembuka, dr. Nadia akan menjawab pertanyaan dari @benjusilusi “Halo dokter, saya mau nanya nih dok. Saya kan perokok, tapi saya sudah mengurangi rokok dengan menggunakan vape, kira-kira sama aja atau lebih berkurang sih dok bahayanya dibanding rokok?”, dr. Nadia pun menjawab “Sebenarnya rokok konvensional atau rokok elektrik itu sama-sama bahaya, kenapa? Karena disitu masih banyak terkandung zat-zat kimia yang bisa membahayakan kesehatan terutama paru-paru”.

Dalam vape atau rokok elektrik itu juga masih mengandung yang namanya zat nikotin, jadi kalau zat nikotin itu dia termasuk salah satu zat adiktif yang bisa membuat kita menjadi kecanduan. Dr. Nadia memberikan penjelasan bahwa “Kalau kita kebiasaan menghirup rokok elektrik atau rokok konvensional yang mengandung nikotin, biasanya kalau kita stop, pasti kita akan merasa kayak ada yang kurang dan juga pastinya bahaya bagi kesehatan paru-paru yang adanya zat nikotin itu” ujarnya.

Ada rokok elektrik yang masih juga bisa berbahaya, tapi tidak ada di rokok konvensional. Kalau di rokok elektrik ada perisa yang justru membuat kita merasa semakin nyaman merasakan rokok elektrik tersebut, jadi di dalam rokok elektrik ini terdapat zat-zat perisa yang bikin uapnya itu harum dan rasanya enak. Namun, rokok elektrik itu juga mengandung zat berbahaya, dan apabila dikonsumsi secara bertahun-tahun atau bahkan sampai berpuluh-puluh tahun itu bisa meningkatkan resiko penyakit seperti penyakit kanker, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan juga penyakit jantung. Nah jangan disepelekan ya guys!

Masih penasaran dengan penjelasan mengenai bahayanya rokok? Langsung aja dengerin hanya di Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadia Alaydrus eksklusif hanya di aplikasi RCTI+ atau langsung klik link dibawah ini: https://radio.rctiplus.com/player-music?contentType=podcast&contentId=4216 Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini