Begini Cara Atasi Jerawat dalam Semalam

Antara, Jurnalis · Selasa 25 Mei 2021 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 611 2415176 begini-cara-atasi-jerawat-dalam-semalam-Y6hVF2QYMN.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JERAWAT memang menjadi salah satu penyakit kulit yang umum terjadi pada seseorang. Biasanya, jerawat terjadi ketika seseorang tidak bersih kala membersihkan jerawat. Selain itu, faktor genetika bisa juga menjadi penyebabnya.

Dr Purvisha Patel, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Visha Skincare menyebut jerawat adalah infeksi mikro kecil pada folikel rambut. Sayangnya, Anda tak bisa benar-benar mengenyahkan jerawat dalam semalam.

"Tetapi Anda dapat membuatnya terlihat jauh lebih baik, jadi seolah-olah jerawat itu hilang," kata dia seperti dikutip dari Elle.

Aplikasikan produk-produk berbahan benzoyl peroksida, sulfur, tea tree oil atau produk asam salisilat sebelum tidur. Benzoyl peroksida adalah zat pemutih yang membunuh mikroba dan mampu mengeringkan minyak di folikel.

Jerawat

Tea tree oil dan sulfur juga melakukan hal yang mirip dengan benzoyl peroksida dengan mengeringkan jerawat. "Menggunakan produk ini bisa membuat jerawat terlihat mengecil di pagi hari," kata Dr Patel.

Dr Angela J. Lamb, Direktur Praktik Fakultas Dermatologi Westside Mount Sinai di New York City, Amerika Serikat merekomendasikan menggunakan produk topikal yang diresepkan, jika Anda kebetulan memilikinya di lemari obat Anda. Gel yang mengandung klindamisin, antibiotik, atau minocycline topikal dapat menyembuhkan jerawat dengan cepat.

Tetapi jika Anda lebih suka menggunakan produk yang tidak memerlukan resep dokter, Dr Patel dan Dr Lamb keduanya merekomendasikan untuk mencoba asam salisilat terlebih dahulu.

"Produk asam salisilat tidak hanya mengeringkan jerawat dan membunuh mikroba, tetapi juga mengelupas kulit di bagian atas agar kotoran yang terkumpul keluar dari folikel," kata Dr Patel.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini