4 Cara Atasi Jerawat Secara Cepat

Antara, Jurnalis · Selasa 25 Mei 2021 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 611 2415348 4-cara-atasi-jerawat-secara-cepat-k5HmH7eK6c.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SIAPA sih yang senang ketika wajahnya memiliki banyak jerawat? Jerawat memang penyakit kulit yang paling sering menyerang orang, apalagi mereka yang masih remaja.

Sayangnya, mengatasi jerawat tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Meski demikian, ada beberapa cara untuk membuat jerawat memudar.

Dr Angela J. Lamb, Direktur Praktik Fakultas Dermatologi Westside Mount Sinai di New York City, Amerika Serikat merekomendasikan gel yang mengandung klindamisin, antibiotik, atau minocycline topikal dapat menyembuhkan jerawat dengan cepat.

Senada, Dr Purvisha Patel, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Visha Skincare mengatakan jika Anda lebih suka menggunakan produk yang tidak memerlukan resep dokter, maka dia merekomendasikan untuk mencoba asam salisilat terlebih dahulu.

"Produk asam salisilat tidak hanya mengeringkan jerawat dan membunuh mikroba, tetapi juga mengelupas kulit di bagian atas agar kotoran yang terkumpul keluar dari folikel," kata Dr Patel.

Nah, berikut adalah 4 cara untuk mencegah jerawat datang.

JErawat

Bersihkan wajah

Jangan abaikan kekuatan pembersih yang baik. Anda dapat menemukan satu yang mengandung asam salisilat, atau berinvestasi dalam pembersih pengelupasan kulit yang bagus. Penggunaan pembersih secara teratur tidak hanya akan mengobati jerawat yang Anda miliki, tetapi juga mencegah keadaan darurat di masa mendatang.

"Pembersih eksfoliasi sangat cocok untuk jerawat, karena membantu membuka pori-pori untuk tidak hanya mengobati jerawat, tetapi juga mencegahnya muncul," kata Dr Patel.

Krim hidrokortison yang dijual bebas bisa menjadi solusi cepat untuk kulit kemerahan, selama Anda tidak menggunakannya lebih dari tiga malam berturut-turut. Jangan melapisinya terlalu tebal: Ini bisa menyumbat pori-pori Anda jika Anda tidak hati-hati.

Sebaiknya cari krim hidrokortison berbahan dasar asam hialuronat karena asam hialuronat adalah molekul pengikat air yang tidak menyumbat pori-pori.

Hindari produk-produk yang bisa dimakan

Produk dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond terdengar mewah dan sehat, tetapi dalam hal perawatan jerawat, itu hanya memperparah masalahnya. Hindari bahan-bahan yang dapat dimakan jika Anda berada di tengah krisis jerawat.

"Jika kita bisa memakan produknya, bakteri dan jamur bisa memakan produknya," kata Dr Patel, "dan ini mungkin bisa membuat lebih banyak jerawat."

Perawatan sendiri

Jika membeli produk baru bukanlah pilihan, coba membuat perawatan jerawat di rumah dengan beberapa bahan di dapur Anda. Coba yang berikut ini:

Pasta aspirin kecil yang dihancurkan dan ditempelkan pada jerawat membantu mengeringkan noda dan peradangan.

Pasta gigi, jenis yang tidak tembus cahaya, bukan gel, dapat digunakan untuk mengeringkan jerawat.

Es untuk jerawat merah langsung menyempitkan pembuluh darah dan membantu mengatasi kemerahan.

Boleh dipencet

Memencet jerawat biasanya sangat tidak dianjurkan. Tetapi jika jerawat memiliki mata yang besar, dan semua isinya terlihat di bagian atas, Anda dapat menggunakan tangan yang bersih dan bersarung tangan atau penyeka kapas untuk memberikan tekanan lembut dan memencetnya.

Masalahnya, muncul ketika Anda memencet jerawat yang belum matang dan belum siap dihilangkan, atau dipencet dengan jari yang kotor.

"Meremasnya dengan kuku yang tidak steril dapat menyebabkan penyebaran infeksi mikro, lebih banyak peradangan dan jaringan parut," jelas Dr Patel. Jadi, dalam banyak kasus, lebih baik aman daripada menyesal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini