Ini Dia 5 Makanan Pereda Nyeri Menstruasi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 27 Mei 2021 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 481 2415825 ini-dia-5-makanan-pereda-nyeri-menstruasi-6cO6In6Z96.jpg Ilustrasi nyeri menstruasi. (Foto: Diana Grystsku/Freepik)

MENSTRUASI atau haid terkadang sangat menyakitkan. Memang ada obat-obatan yang dapat membantu meredakan nyeri menstruasi, namun mengonsumsinya dalam waktu lama bisa menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh.

Guna mengatasi masalah nyeri menstruasi tersebut, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi. Mengutip dari laman Bebeautiful, Kamis (27/5/2021), berikut 5 makanan yang bisa jadi pereda nyeri menstruasi.

Baca juga: Cek Fakta: Dekat Orang yang Divaksin Bisa Sebabkan Gangguan Menstruasi 

1. Buah-buahan

Dari apel dan pisang hingga beri serta melon, buah-buahan tidak hanya memberikan rasa manis, tetapi juga banyak membantu mengatasi gejala-gejala menstruasi pada wanita.

Buah-buahan. (Foto: Tabrez Syed/Unsplash)

2. Sayuran hijau

Sebagian besar sayuran hijau adalah pilihan yang baik jika ingin menstruasi tidak terlalu menyakitkan. Sayuran hijau meningkatkan kadar zat besi tubuh dan meningkatkan magnesium. Ini juga dapat membantu mengatasi kelelahan dan sakit kepala.

Baca juga: Cek Fakta: Perempuan yang Sedang Menstruasi Tak Boleh Vaksin Dulu 

3. Jahe

Secangkir teh jahe yang hangat dan enak dapat menghilangkan semua stres, dan tentu saja masalah nyeri menstruasi. Teh jahe dikenal memiliki efek antiinflamasi dan dengan demikian meredakan nyeri yang menyertai aliran menstruasi.

Selain itu, teh jahe dikenal mampu mengatasi mual. Tapi jangan terlalu sering mengonsumsinya karena kecenderungan Anda yang suka minum teh bisa membuat sakit perut.

4. Ayam

Ayam meningkatkan kadar zat besi dan protein. Keduanya diperlukan tidak hanya untuk mengatasi nyeri menstruasi, tetapi juga untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Tapi, jangan terlalu berlebihan memakan ayam goreng. Pilih olahan yang tidak berminyak.

Baca juga: Kata Dokter: Kebanyakan Gula Bikin Telat Menstruasi 

5. Ikan

Jika Anda adalah seseorang yang menyukai makanan laut, ikan adalah alternatif yang membantu melalui semua masalah menstruasi. Ini kaya akan zat besi, asam lemak omega-3, dan protein yang semuanya baik untuk Anda. Tidak hanya selama menstruasi, tetapi juga untuk kesehatan secara keseluruhan.

Ikan salmon. (Foto: Topntp26/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini