Sangat Langka, Gerhana Bulan Total Berbarengan dengan Waisak

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 26 Mei 2021 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 612 2415648 sangat-langka-gerhana-bulan-total-berbarengan-dengan-waisak-1g55XvqP0V.jpg Ilustrasi gerhana bulan total. (Foto: Dailystar)

GERHANA bulan total (GBT) atau Super-Blood Moon dipastikan muncul Rabu 26 Mei 2021. Fenomena alam yang sangat langka ini bahkan bertepatan dengan detik-detik Waisak.

Seperti dilaporkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), gerhana bulan total kali ini bertepatan dengan detik-detik Waisak, yakni pada 15 Suklapaksa (Paroterang) Waisaka 2565 Era Buddha yang jatuh pada 26 Mei 2021 pukul 18.31.30 WIB dengan jarak 357.461 kilometer dari Planet Bumi.

Baca juga: 6 Fakta Pengaruh Gerhana Bulan terhadap Kesehatan Manusia 

Ya, hari ini, Rabu 26 Mei 2021, adalah libur nasional memperingati Waisak. Ini merupakan hari suci agama Buddha. Waisak dikenal juga dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka.

Gerhana bulan. (Foto: NASA)

Terkait gerhana bulan total itu sendiri merupakan kejadian alam di mana bulan di Perigee (bulan berada di jarak terdekat dengan Bumi). Lebih detailnya, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana bulan total terjadi saat posisi matahari-Bumi-bulan sejajar.

Baca juga: Ini Link Live Streaming Lihat Gerhana Bulan Total Nanti Malam 

"Itu bisa terjadi saat bulan berada di umbra Bumi yang berakibat saat puncak gerhana bulan total terjadi, bulan akan terlihat berwarna merah (yang biasa dikenal dengan Blood Moon). Karena posisi bulan ada di Perigee, maka bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa dan ini yang disebut dengan Super-Moon," tambah LAPAN.

Lebih lanjut, LAPAN menerangkan bahwa Super-Blood Moon yang akan terjadi malam ini lebar sudutnya akan lebih besar 13,77 persen bila dibandingkan ketika berada di titik terjauhnya (apoge). Kecerlangannya juga 15,6 persen lebih terang dari rerata dan 29,1 persen lebih terang dibandingkan ketika apoge.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini