3 Tips Penting Memilih Kampus Supaya Enggak Menyesal di Kemudian Hari

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 26 Mei 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 612 2415710 3-tips-penting-memilih-kampus-supaya-enggak-menyesal-di-kemudian-hari-RMRzn9c17G.jpg Ilustrasi kampus. (Foto: Drobotdean/Freepik)

SEPTEMBER mendatang adalah awal tahun ajaran baru bagi mahasiswa. Artinya, meski pandemi covid-19 masih melanda, mereka yang telah lulus sekolah menengah atas (SMA) akan memilih kampus terbaik untuk melanjutkan jenjang pendidikan.

Tapi, memilih kampus bukan persoalan mudah. Bagi sebagian anak, khususnya Gen Z, kampus yang dipilih tentu diharapkan akan menyokong masa depannya.

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Kemunculan hingga Puncak Gerhana Bulan Total Nanti Malam 

Nah, di masa pandemi covid-19 ini mencari tahu mengenai kampus-kampus pilihan harus mengandalkan internet dan informasi lainnya di media sosial. Beberapa orang juga mengandalkan acara daring seperti pameran pendidikan virtual.

"Banyak Gen Z yang mencari informasi mengenai kampus melalui pameran pendidikan seperti pameran pendidikan virtual. Di acara semacam itu, calon mahasiswa biasanya akan mendapat informasi mengenai program yang ditawarkan kampus dengan praktis, simpel, dan efektif," jelas Kepala LLDikti Wilayah III Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Profesor Agus Setyo Budi MSc, dalam keterangan resminya, Rabu (26/5/2021).

Ilustrasi kampus. (Foto: Shutterstock)

Supaya lebih mantap lagi dalam menentukan pilihan kampus, praktisi pendidikan Yahya Farid coba membagikan tiga tips penting yang harus kamu catat agar tidak salah pilih kamus. Apa saja?

1. Pilih kampus sesuai minat dan bakat

"Kenali diri sendiri. Jurusan dan perguruan tinggi yang diambil itu penting karena akan menentukan masa depan kalian. Jadi sebaiknya teman-teman konsultasikan dengan guru BK dan orangtua, baru bertanya ke pihak kampus yang diinginkan," paparnya.

Baca juga: Inul Daratista Pamer Pose Yoga, Netizen Salfok ke Posisi Kakinya: Ngilu Banget 

2. Jangan malas melakukan riset

Cari tahu sebanyak-banyaknya informasi tentang jurusan dan kampus yang diinginkan. Gali lebih dalam informasi tentang jurusan dan kampus dari berbagai sumber termasuk mengikuti pameran pendidikan.

Anda juga bisa mengecek ranking dan akreditasi jurusan kampus tersebut saat ini. "Cara mudah tahu semua itu ya salah satunya dengan menghadiri pameran pendidikan, atau bertanya langsung ke kampus," ungkap Yahya.

Ia menambahkan, calon mahasiswa juga perlu bertanya mengenai biaya dan kualitas belajar dari kampus yang sudah diincar.

"Jangan sampai teman-teman menyesal di kemudian hari karena telah memilih jurusan atau kampus yang tidak sesuai dengan yang diharapankan," lanjutnya.

3. Jangan lupakan beasiswa

Ini adalah bonus yang biasanya ditawarkan banyak perguruan tinggi. Anda wajib mengorek informasi terkait ini karena tentu akan sangat membantu proses perkuliahan nantinya.

"Untuk mendapatkan beasiswa pasti ada persyaratan yang dibutuhkan. Teman-teman bisa bertanya langsung melalui fitur live chat ke booth kampus, DIKTI, DIKSI, dan Puslapdik," pungkasnya.

Baca juga: Gerhana Bulan Total Boleh Dilihat dengan Mata Telanjang? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini