Share

Super Blood Moon, Netizen Samakan dengan Jurus Uchiha Clan di Naruto

Wilda Fajriah, Okezone · Rabu 26 Mei 2021 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 612 2415894 super-blood-moon-netijen-samakan-dengan-jurus-uchiha-clan-di-naruto-zYlMErgdoG.jpg Super Blood Moon. (Foto: Twitter/@cecehindu)

GERHANA Bulan merupakan salah satu fenomena alam yang cukup langka. Peristiwa merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana Bulan Total terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar. Hal ini terjadi saat Bulan berada di umbra Bumi, yang berakibat, saat puncak gerhana bulan total terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah atau yang dikenal dengan istilah Blood Moon.

Karena posisi Bulan saat terjadi gerhana berada di posisi terdekat dengan bumi (Perigee), maka Bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa, sehingga sering disebut dengan Super Moon. Sehingga, Gerhana Bulan Total yang jatuh pada hari ini, dikenal dengan Super Blood Moon, karena terjadi saat bulan di Perigee (Bulan berada di jarak terdekat dengan Bumi).

Super Blood

(Foto: Twitter/@cecehindu)

Gerhana Bulan Total ini dapat disaksikan jika kondisi cuaca cerah-berawan dan aman disaksikan oleh masyarakat dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kacamata khusus gerhana.

Terjadinya fenomena langka ini tentu membuat masyarakat antusias untuk menyaksikannya. Teruntuk umat muslim, biasanya mereka akan melaksanakan salat gerhana yang diikuti dengan berdzikir dan membaca Al-qur'an.

Akan tetapi, ada salah satu warganet yang ikut mengabadikan momen terjadinya Super Blood Moon tersebut dari daerah Banjar, Jawa Barat. Foto yang dibagikan oleh akun Twitter @cecechindu tersebut menganggap bahwa gerhana bulan tersebut mirip dengan Mugen Tsukuyomi.

"Gerhana bulan merah, super blood moon. Banjar, 26 Mei 2021. Mugen Tsukoyomi," tulisnya di caption.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Seperti diketahui, mugen tsukuyomi merupakan jurus paling berbahaya dalam serial Naruto. Mugen tsukuyomi memang berbentuk lingkaran berwarna merah yang terdiri dari berbagai cakra. Bentuk ini begitu mirip dengan penampakan fenomena Super Blood Moon.

Dalam serial Naruto, jurus atau jutsu mugen tsukuyomi dapat membuat semua makhluk hidup yang terkena cahayanya bisa dikendalikan. Tak hanya itu, mereka semua juga bisa mengalami mimpi abadi.

Cahaya dari mugen tsukuyomi bahkan bisa menembus kegelapan terdalam. Artinya, orang yang bersembunyi di bawah tanah untuk menghindari cahayanya pun masih tetap terkena dampak mematikan jurus ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini