Memilih Antara Ngekos, Ngontrak atau Sewa apartemen, Mana yang Lebih Baik?

Karina Asta Widara , Jurnalis · Kamis 27 Mei 2021 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 12 2416340 memilih-antara-ngekos-ngontrak-atau-sewa-apartemen-mana-yang-lebih-baik-fKBYqahooX.jpeg Foto: Dok Kredivo

Untuk para pengantin baru atau para perantau yang ingin belajar hidup mandiri, hal utama yang pasti dipikirkan adalah menentukan dimana akan tinggal. Mencari tempat tinggal baru memang gampang-gampang susah. Apalagi jika Anda mencari di lokasi baru yang sebelumnya belum pernah Anda kunjungi, pasti susah mendapatkan hunian yang cocok.

Meskipun di era digital seperti sekarang ini sudah banyak sekali situs yang menawarkan rumah atau unit untuk disewa, mulai dari kos, kontrakan hingga sewa apartemen bulanan, tapi tetap saja banyak yang harus diperhitungkan agar Anda memilih hunian yang benar-benar tepat untuk kebutuhanmu, mulai dari lokasi, biaya, keadaan lingkungan sekitar dan lain-lain.

Untuk memberikan beberapa pertimbangan untuk menentukan pilihan tempat tinggal yang paling cocok untuk kondisi dan kebutuhan masing-masing individu, berikut ulasannya.

1. Status

Untuk mengetahui pilihan mana yang terbaik antara ngekos, ngontrak atau sewa apartemen, hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah status Anda. Bila Anda masih sendiri, bisa jadi ngekos adalah pilihan terbaik untukmu, karena buat seseorang yang hidup sendiri, tinggal di sebuah kamar yang tak terlalu luas akan lebih dari cukup, selain itu Anda juga tidak memerlukan banyak perabotan ketika masih single.

Jadi, bila hidup sendiri, menyewa kosan akan lebih hemat daripada harus mengontrak atau sewa apartemen.

Lain hal bila Anda sudah menikah, tinggal di kontrakan adalah pilihan tepat. Walaupun sebenarnya ada kosan yang diperuntukan untuk pasangan, akan tetapi tinggal di kontrakan akan lebih menguntungkan karena Anda akan punya ruang untuk cicil perabotan rumah tangga untuk rumah impian Anda.

2. Lokasi

Lokasi juga menentukan pilihan hunian Anda. Jika ingin tinggal di daerah yang strategis, lokasi di tengah kota dan mudah dijangkau oleh transportasi umum, bisa jadi apartemen adalah pilihan yang terbaik buat Anda.

Lain hal bila ingin dekat dengan kantor atau tempat kerja dengan tujuan untuk menghemat waktu sehingga uang transportasi pun berkurang banyak. Lebih baik untuk mencari di sekitaran kantor, bertanya kepada orang sekitar tempat mana yang paling dekat, apakah kosan, kontrakan atau apartemen? Setelah dapat jawaban, lebih baik cek harga dan tempat sesuai dengan selera individu masing-masing.

3. Lingkungan

Nah, mempertimbangkan lingkungan sekitar tempat tinggal yang akan dihuni juga sangat penting. Apalagi jika Anda sudah memiliki anak, yang akan tumbuh kembang di lingkungan tersebut. Jika ingin mempunyai tempat tinggal yang jauh dari hiruk pikuk ramainya ibu kota dan lebih suka suasana yang tenang, maka apartemen adalah pilihan yang terbaik.

Tetapi, lain lagi hal untuk orang yang suka keramaian dan notabenenya ingin membaur dengan orang lain. Sewa kos atau ngontrak rumah adalah pilihan tepat, karena ketika ngekos, bukan tidak mungkin Anda akan tinggal serumah dengan orang lain. Begitu pun dengan ngontrak rumah, akan lebih membaur dengan lingkungan yang kanan-kirinya adalah masyarakat umum.

4. Biaya

Pertimbangan terakhir untuk menentukan pilihan hunianmu adalah biaya. Apapun keinginan yang sudah ada di kepala, bisa berubah sesuai dengan dana yang dimiliki.

Saat ini, ngekos paling murah di Jakarta harganya sekitar Rp900 ribu – Rp2 juta, tentunya dengan fasilitas kamar seadanya dan kamar mandi bersama atau sendiri. Anda bisa juga bisa mendapatkan kamar kos yang mewah dengan harga mulai dari Rp3 juta – Rp5 juta. Meski mahal, tetapi biasanya fasilitas yang didapatkan juga beragam, mulai dari air panas, wifi hingga kebersihan.

Sedangkan untuk rumah kontrakan atau apartemen ,biasanya dipatok dengan harga mulai dari Rp1 juta – Rp5 juta per bulan, tergantung dengan luas, lokasi dan tipe rumah/apartemen. Belum termasuk biaya maintenance, listrik, dan lain sebagainya. Namun yang harus diingat bahwa ketika memutuskan untuk ngontrak atau apartemen, ada yang sudah full furnished, ada juga yang mendapatkan ruangan kosong tanpa fasilitas.

Bila mendapat ruangan kosong, Anda harus membeli furnitur seperti lemari, tv, peralatan mandi, kasur, sofa dan lain sebagainya. Agar tidak langsung mengeluarkan banyak dana, lebih baik cicil perabotan semampunya. Bila masih ada yang harus dibeli lagi, bisa juga cicil menggunakan pay later dari Kredivo.

BACA JUGA: Bentuk Self Love itu Tidak Melulu tentang Belanja Barang atau Makan Fancy

Mengapa harus Kredivo? Kredivo adalah pinjaman online cepat cair dan mudah, yang sudah terdaftar oleh OJK. Pengajuannya juga mudah, hanya perlu download aplikasi Kredivo di Play Store atau Apps Store, lalu ikuti beberapa langkah pendaftaran yang mudah dan serba online. Bagusnya lagi, semua proses pendaftaran bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Proses pendaftarannya hanya memakan waktu 1 menit. Pengajuan Anda pun bisa langsung disetujui saat itu juga.

Ditambah lagi, Kredivo sudah bekerja sama dengan 1000 lebih merchant online dan offline yang menunjang kebutuhan rumah Anda seperti Tokopedia, Shopee, Ikea, Dapurku, Dekoruma, Best Denki dan lain sebagainya. Bunganya juga ringan, hanya 2,6 persen per bulan dan cicilan yang fleksibel, mulai dari tiga bulan, enam bulan hingga 12 bulan. Sangat menguntungkan bukan?

5. Pilihlah dengan bijak

Akhir kata, pilihlah tempat tinggal dengan bijak. Pertimbangkan matang-matang pilihan dengan memperhatikan kebutuhan masing-masing individu. Jangan sampai nanti kesulitan untuk membayar apalagi sampai menunggak, karena hal ini tentu akan menyulitkan diri sendiri. CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini