5 Cara Memasak Telur Supaya Tetap Sehat dan Lebih Bergizi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 298 2416281 5-cara-memasak-telur-supaya-tetap-sehat-dan-lebih-bergizi-bIR7q9kXVV.jpg Ilustrasi olahan telur. (Foto: Timolina/Freepik)

TELUR merupakan salah satu makanan yang enak dan serbaguna. Pasalnya, telur bisa diolah menjadi berbagai macam menu. Telur juga dapat dimasak dengan berbagai cara dan mudah dipadukan dengan makanan sehat lainnya, salah satunya sayuran.

Memasak telur juga berarti menghancurkan bakteri berbahaya serta membuatnya lebih aman untuk dimakan. Ini lebih baik dibanding jika mengonsumsi telur dalam keadaan mentah.

Nah, supaya Anda tetap mendapatkan manfaat yang terkandung dalam telur, berikut beberapa cara yang harus diikuti dalam mengolah telur supaya menghasilkan makanan yang lebih sehat, sebagaimana dilansir Healthline, Jumat (28/5/2021).

Baca juga: Terungkap, Makan Telur Rebus Bantu Tidur Lebih Nyenyak 

1. Pilih metode memasak rendah kalori

Jika Anda mencoba mengurangi kalori, bisa mengolah telur menjadi telur rebus. Metode memasak ini tidak menambahkan kalori berlemak ekstra, jadi makanan tersebut akan lebih rendah kalori daripada telur dadar, goreng, atau orak-arik.

Telur rebus. (Foto: Oneuponchef)

2. Gabungkan dengan sayuran

Telur sangat cocok dengan sayuran. Artinya, mengonsumsi telur adalah peluang bagus untuk meningkatkan asupan sayuran dan menambah serat dan vitamin ekstra ke makanan Anda.

Anda bisa menambahkan sayuran pilihan ke dalam telur dadar atau telur orak-arik. Bisa juga hanya dengan memasak telur sesuai keinginan dan sertakan sayuran ketika ingin menyantapnya.

Baca juga: Resep Sahur Anti-Ribet, Telur Ceplok Cabe Ijo! 

3. Goreng dalam minyak yang stabil pada suhu tinggi

Saat menggoreng telur, gunakan minyak yang stabil pada suhu tinggi dan tidak mudah teroksidasi untuk membentuk radikal bebas berbahaya. Contoh pilihan yang baik termasuk minyak alpukat dan minyak bunga matahari. Jika menggunakan minyak zaitun extra-virgin atau minyak kelapa, cara terbaik adalah memasak pada suhu yang masing-masing lebih rendah dari 210 derajat Celsius.

4. Pilih telur paling bergizi yang mampu Anda beli

Sejumlah faktor, antara lain cara beternak dan pola makan ayam, dapat memengaruhi kualitas gizi telur. Secara umum, telur yang dibesarkan di padang rumput dan telur organik dianggap lebih bergizi daripada telur yang dikurung dan diproduksi secara konvensional.

Akan tetapi, bukan berarti telur yang diproduksi secara konvensional selalu lebih buruk dibanding yang dikembangkan dengan cara organik. Karena itu, cermatilah sebelum membeli telur di pasar bebas.

Baca juga: Telur Bisa untuk Turunkan Berat Badan, tapi Hindari Kesalahan Ini 

5. Jangan terlalu lama memasaknya

Makin lama Anda memasak telur, makin banyak nutrisi yang mungkin hilang. Menggunakan panas yang lebih tinggi dan lebih lama juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol teroksidasi yang dikandungnya, terutama jika Anda memutuskan untuk menggoreng telur tersebut.

Untuk membuat telur Anda sesehat mungkin, pilih metode memasak rendah kalori, gabungkan dengan sayuran, goreng dengan minyak tahan panas, dan jangan terlalu lama.

Telur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini