Gabungkan Makanan 5 Ini untuk Tingkatkan Penyerapan Vitamin dan Nutrisi

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 298 2416298 gabungkan-makanan-5-ini-untuk-tingkatkan-penyerapan-vitamin-dan-nutrisi-pRZwI8o7q9.jpg Ilustrasi gabungan makanan sehat. (Foto: Lifeforstock/Freepik)

SEMUA orang pasti memiliki pola makan berbeda-beda. Ada orang memiliki kebiasaan pola makan mengabungkan makanan yang aneh-aneh. Ada beberapa orang suka makan selai kacang dengan mentega, sementara yang lain memasangkan hidangan berbeda.

Dengan mengabungkan makanan tersebut mungkin dapat menikmatinya. Akan tetapi dalam hal penyerapan vitamin dan nutrisi, belum tentu tubuh bisa melakukannya.

Baca juga: 3 Asupan Sehat yang Baik Dikonsumsi saat Pemulihan dari Covid-19 

Maka itu, pentingnya menggabungkan makanan yang tepat jika ingin meningkatkan penyerapan vitamin dan nutrisi. Pasokan nutrisi yang cukup sangat penting untuk membuat tubuh tetap sehat.

Berikut ini 5 makanan yang bisa digabungkan ke porsi makan Anda untuk mendapatkan manfaat maksimal, sebagaimana dirangkum dari laman Times of India, Jumat (28/5/2021).

1. Vitamin C dan zat besi

Menyerap zat besi dari makanan nabati (zat besi non-heme), Anda harus makan makanan yang kaya vitamin C juga. Vitamin C membantu memecah zat besi dari tumbuhan menjadi bentuk yang lebih sederhana yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh Anda. Sebagai contohnya bisa Anda gabungkan bayam dengan jus lemon jika Anda kekurangan zat besi.

Jus vitamin C. (Foto: Roberto Kabana/Pixabay)

2. Kalsium dan vitamin D

Akan lebih baik jika Anda menggabungkan kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan serta metabolisme dalam tubuh. Bahkan dokter meresepkan obat kalsium dan vitamin D secara bersama-sama. Kedua nutrisi ini akan membantu menjaga tulang Anda tetap sehat dan kuat. Untuk penyerapan kalsium yang optimal, maka Anda perlu mengonsumsi vitamin D. Meskipun sumber terbesar vitamin D terbesar terdapat dari sinar matahari pagi hari, beberapa makanan lain juga banyak mengandung vitamin D seperti keju dan kuning telur. Jadi akan lebih sehat tubuh Anda jika memasangkan kedua nutrisi ini.

Baca juga: Ini 5 Asupan Sehat untuk Turunkan Berat Badan dan Tingkatkan Imunitas 

3. Tomat dan lemak sehat

Tomat nyatanya mengandung antioksidan yang tinggi untuk membunuh bakteri dan penyakit yang dikenal sebagai likopen dan memiliki sifat untuk melawan kanker. Tetapi untuk menyerap nutrisi maksimal dari tomat, masak tomat dengan lemak sehat seperti minyak zaitun.

4. Kunyit dan lada hitam

Kunyit adalah bumbu umum yang ditemukan di setiap dapur rumah Anda. Kunyit memiliki sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Kunyit dapat meredakan gejala radang sendi dan bahkan bermanfaat untuk ginjal. Tetapi ketika bumbu ini dipasangkan dengan lada hitam, beberapa senyawa bermanfaat dalam kunyit menjadi lebih tersedia secara hayati, yang baik untuk kesehatan kita.

Baca juga: Pasca-Puasa, Jangan Abaikan Makan 3 Kali Sehari 

5. Buah beri dengan biji-bijian

Bagi orang yang mengonsumsi oatmeal mungkin sering mengabungkan buah beri, biji-bijian, dan kacang-kacangan ke menu sarapan. Mengabungkan kedua makanan ini ke oatmeal tidak hanya enak untuk disantap, tetapi juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh lho. Pasalnya, buah beri mengandung serat dan biji-bijian dikemas dengan zat besi serta vitamin B yang bekerja bersama dengan baik. Selain itu, buah beri membantu penyerapan nutrisi dan membantu pencernaan makanan.

Buah beri. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini