Rajin Gowes Sepeda, 6 Manfaat Kesehatan Ini Akan Dirasakan Tubuh

Bertold Ananda, Jurnalis · Kamis 27 Mei 2021 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 481 2416040 rajin-gowes-sepeda-6-manfaat-kesehatan-ini-akan-dirasakan-tubuh-5TvEOHXjvB.jpeg Olahraga bersepeda. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

BERSEPEDA merupakan kegiatan yang sedang digandrungi semua kalangan. Menggowes sepeda adalah salah satu aktivitas olahraga yang sangat menyehatkan tubuh. Ini sangat berguna selama masa pandemi covid-19.

Maksimalkan sepeda yang dimiliki dan belilah helm. Kemudian bisa juga menggunakan sarung tangan, serta luangkan waktu setiap pekan untuk menggowes.

Peralatan tersebut wajib digunakan demi keamanan dan kenyamanan dalam menggowes sepeda.

Lantas, apa saja manfaat kesehatan rajin melakukan aktivitas bersepeda? Berikut enam di antaranya, seperti dikutip dari laman Times of India, Kamis (27/5/2021).

Baca juga: Agar Tidak Berlebihan, Kenali Denyut Jantung Maksimal saat Berolahraga 

1. Menjernihkan pikiran

Bersepeda tidak hanya memberikan manfaat kesehatan secara fisik, tetapi juga bisa menjadi sarana yang sangat baik untuk membantu menjernihkan pikiran. Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa ini adalah langkah yang bagus untuk melepas lelah dan berolahraga pada saat yang bersamaan. Ini juga membantu meningkatkan refleks, keseimbangan, serta koordinasi tubuh.

Olahraga bersepeda. (Foto: Markus Spiske/Unsplash)

2. Membakar lemak

Melakukan kegiatan bersepeda juga salah satu cara terbaik untuk membakar lemak tubuh. Kemudian meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, membantu membakar lemak lebih cepat.

Penelitian menyatakan bahwa bersepeda dengan kecepatan sedang hingga cepat selama 30 menit dapat membantu tubuh membakar kalori selama 1 jam atau lebih, bahkan setelah berhenti.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Anda mengalami kesulitan tidur? Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bersepeda secara teratur benar-benar meningkatkan kualitas tidur.

Efek kurang tidur dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik secara keseluruhan. Jika mengalami insomnia, maka bersepeda adalah cara yang cocok untuk mengatasinya. Bersepeda sering dikatakan membantu tidur lebih cepat dan membuat tidur lebih nyenyak.

Baca juga: Masya Allah, Pesepeda Ini Gelar Ekspedisi 1.000 Km demi Bantu Palestina 

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Olahraga sepeda juga membantu meningkatkan kesehatan jantung. Latihan ini berdampak positif terhadap jantung serta paru-paru karena diyakini dapat membantu meningkatkan aliran darah serta aliran oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh.

5. Kecil risiko cedera

Sebagai olahraga tanpa beban, bersepeda memiliki tingkat risiko cedera yang kecil, kecuali jika kehilangan keseimbangan dalam memacu sepeda. Dengan tekanan yang lebih rendah pada sendi, tidak akan menanggung beban yang dapat ditimbulkan oleh latihan lain.

Baca juga: Train Smart Not Hard, Ini Tips agar Tak Alami Kram saat Bersepeda 

6. Jaga kebugaran tubuh

Makin banyak ahli yang mengatakan bahwa bersepeda adalah cara efektif untuk menjaga kebugaran tubuh, mengurangi bahkan menghilangkan stres, serta meningkatkan fungsi kerja otak.

Sepeda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini