Cek Fakta: Pakai Masker Berisiko Terinfeksi Jamur Hitam?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 27 Mei 2021 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 481 2416065 cek-fakta-pakai-masker-berisiko-terinfeksi-jamur-hitam-oA60AZa2yn.jpg Ilustrasi penggunaan masker untuk cegah covid-19. (Foto: Freepik)

INFEKSI jamur hitam atau mucormycosis makin banyak diidap pasien covid-19 di India. Sampai sekarang diketahui ada 8.800 kasus infeksi jamur hitam mematikan di tengah kasus covid-19 yang terus meningkat di sana.

Infeksi jamur hitam merebak pada pasien covid-19 di India karena penggunaan jangka panjang obat steroid. Sejatinya jamur hitam bisa ditemukan di alam bebas, tapi ketika "tumbuh" di organ dalam tubuh, efeknya sangat berbahaya.

Baca juga: Ingat! Terus Pakai Masker meski Sudah Dapat 2 Dosis Vaksin Covid-19 

Di sisi lain, ada anggapan yang tengah merebak di masyarakat India bahwa penggunaan masker bisa meningkatkan risiko munculnya jamur hitam tersebut. Apakah hal itu benar adanya?

Masker. (Foto: Freepik)

Dijelaskan Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban bahwa sampai saat ini belum ada jawaban pasti mengenai pertanyaan penggunaan masker bisa menyebabkan infeksi jamur hitam.

"Apakah pemakaian masker berulang kali menjadi penyebab jamur hitam merebak di India? Bisa iya, bisa tidak. Di sana juga masih sebatas dugaan," jelas Prof Beri –sapaannya– melalui cuitan Twitter, sebagaimana diizinkan untuk dikutip di MNC Portal, Kamis (27/5/2021).

Baca juga: Aksi Kocak Emak-Emak Ubah Jilbab Jadi Masker, Netizen: Jam Terbang Tinggi 

Ia melanjutkan, jamur hitam ini pada dasarnya bisa ditemukan di mana-mana, misalnya di tanah dan di bahan organik seperti daun.

"Karena ada di mana-mana, bisa saja jamur hitam itu tumbuh di masker yang lembap dan dipakai berulang kali," terangnya.

Oleh karena itu, Prof Beri menyarankan semua orang menjaga kebersihan, termasuk kebersihan masker. "Masker harus sering diganti, jangan dipakai berulang," sarannya.

"Jika digunakan selama berhari-hari, tentunya ada risiko pertumbuhan jamur di masker yang akan memengaruhi kulit, hidung, mulut, dan paru-paru," pungkasnya.

Baca juga: IDI: Tetap Pakai Masker, Pandemi Covid-19 Masih Jauh dari Selesai 

Masker. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini