4 Tips Kembangkan Tanaman Hias Hidroponik

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 27 Mei 2021 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 612 2416175 4-tips-kembangkan-tanaman-hias-hidroponik-Lh68bemOPe.jpg Tanaman hias. (Foto: Freepik)

MERAWAT tanaman hias tak melulu menggunakan media tanam tanah dan sekam loh. Anda bisa membudidaya tanaman hias menggunakan teknik hidroponik.

Mumpung masih banyak di rumah saja, bagi pemula yang ingin menjadi mama plants bisa banget mencoba nih. Bahkan Anda bisa menjajal teknik hidroponik, yang lebih mudah dan enggak ribet, kalau ingin tanaman hias lebih sehat dan rimbun. Wah, seperti apa ya praktiknya?

Dijelaskan YouTuber Zakiyah Ambadar, dirinya mencoba teknik hidroponik tak hanya untuk menanam sayur, tapi juga tanaman hias. Bahkan menurut pengalamannya, tanaman hias yang dirawat dengan hidroponik, dua kali lipat tumbuhnya lebih rimbun, dibandingkan memakai media tanam lainnya.

zakiyah

"Menurut saya tanaman hias dibudidaya dengan hidroponik itu tumbuhnya luar biasa. Daunnya enggak ada yang kuning, enggak ada yang layu, akarnya keluar banyak, sehat lagi," ujarnya saat Workshop Virtual Herbalife Go Green, baru-baru ini.

"Tanaman akan happy karena makannya cukup. Kita enggak perlu siram setiap hari, tapi seminggu sekali saya beri nutrisi sendiri dengan air disiram," lanjutnya.

Untuk penggunaan pot, kreatifnya Zakiyah menggunakan canister bekas. Dia menyulap canister berbahan plastik bekas bubuk minuman berprotein.

Bagi pemula, Zakiyah juga berbagi tips merawat tanaman hias dengan hidroponik. Seperti apa praktiknya.

Cuci akar bersih

Kalau ingin memulai hidroponik, tentu tak perlu menggunakan media tanam tanah dan sekam poros. Sebelum memindahkan, Anda perlu mencuci bersih akarnya.

"Kemudian, kalau ada akar mati perlu digunting, sebab kalau dibiarkan di air nanti bisa busuk," ujarnya.

Tanam di pot canister

Kreatifnya, Zakiyah memakai pot dari canister bekas berbahan plastik, ia juga menambahkan pot kecil berlubang di atasnya, lalu menambah hidroton dan air.

Hidroton ini, kata Zakiyah, medianya sangat poros untuk tanaman lebih mudah bernapas. Selain itu, hidroton sebagai penstabil tanaman yang dibudidaya dengan teknik hidroponik itu.

"Apalagi kalau akarnya sudah lebat jadi bisa cepat menempel dan akarnya ketahan, stabil, enggak goyang," sarannya.

Beri nutrisi cukup

Kalau sudah bersih dan dimasukkan ke canister, sekarang beri nutrisi cukup. Anda perlu cek seminggu sekali, bagaimana kualitas air dan kondisi medianya.

"Kalau mau tambah air enggak perlu diangkat, tapi disiram air, ini nutrisinya," bebernya.

Beri antihama

Tanaman sehat bisa jadi diserang hama, baik itu semut, kutu atau serangga lainnya. Anda perlu memberi antihama berupa serbuk atau cairan yang aman untuk tanaman.

"Kadang cuaca enggak baik ada hama penyakit itu muncul dan saya kasih antihama, kemudian beri juga penyubur dan pengkilap daun seminggu sekali," katanya.

Jika ingin membuat daun lebih mengkilap, menurut Zakiyah, hindari penggunaan minyak. "Banyak ibu-ibu ambil lap dikasih minyak untuk mengkilapkan daun, memang otomatie mengkilap daunnya, tapi justru menutup pori-pori dan tidak sehat," tutupnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini