Menusuk Jari Sampai Berdarah Bisa Tolong Penderita Stroke?

Antara, Jurnalis · Kamis 27 Mei 2021 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 612 2416291 menusuk-jari-sampai-berdarah-bisa-tolong-penderita-stroke-pRmGA1F1kL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENUSUK penderita stroke dengan jarum sebagai langkah pertolongan pertama mungkin sudah sering kita dengar beredar di masyarakat. Diyakini, dengan mengeluarkan beberapa tetes darah maka akan membantu aliran darah yang menghambat ke otak.

Nah, baru-baru ini beredar tangkapan layar pesan berantai dari WhatsApp, yang mengatakan jika orang yang terserang stroke mendadak sebaiknya ditusuk jarinya untuk dikeluarkan darahnya beberapa tetes.

Dalam pesan berantai tersebut, disarankan untuk membakar jarum terlebih dahulu sebelum menusukkan ke jari penderita. Jika sudah ditusuk darah tidak keluar, maka jari diurut sampai darah keluar. Kemudian, korban serangan strok akan kembali tersadar.

Hoax

Lalu benarkah saran di pesan berantai tersebut?

Sebelumnya kita harus memahami penyebab stroke terlebih dahulu. Memang penyebab stoke sangat bervariasi, mulai dari akibat adanya gumpalan darah pada pembuluh darah di otak, pembuluh darah di otak pecah, tekanan darah tinggi, hingga pengaruh obat-obatan pengencer darah.

Penelusuran ANTARA menemukan, saran agar pasien strok ditolong dengan mengeluarkan darah beberapa tetes atau dengan menusuk jari orang yang terserang strok itu tidak berdasar.

Dokter spesialis Jantung rumah sakit Harapan Kita, Dicky Armein Hanafy mengatakan metode itu tidak tepat dan cara itu tidak berguna sama sekali. "Ada risiko infeksi, apalagi kalau jarumnya tidak steril atau bersih," kata dia.

Ketimbang memberikan pertolongan pertama di rumah, dokter menyarankan untuk segera melarikan penderita ke rumah sakit agar segera mendapatkan pertolongan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini