Share

5 Cara Mengurangi Stres Secara Instan, Salah Satunya Main dengan Hewan Peliharaan

Wilda Fajriah, Okezone · Kamis 27 Mei 2021 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 612 2416299 5-cara-mengurangi-stres-secara-instan-salah-satunya-main-dengan-hewan-peliharaan-DUj1e0IXxF.jpg Main dengan hewan peliharaan (Foto: The cat site)

Anda tidak punya waktu untuk memijat tubuh selama satu jam atau duduk dan bermeditasi? Jangan khawatir, Anda masih bisa mengucapkan selamat tinggal pada stres dalam waktu yang jauh lebih singkat!

Melansir Femina India , terdapat 5 cara mengurangi stres secara instan. Coba lakukan secara teratur ya agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

 bermain dengan kucing

1. Bermain dengan binatang peliharaan

Studi menunjukkan bahwa berinteraksi dengan hewan menurunkan kadar hormon stres kortisol. Bermain dengan hewan peliharaan seperti anjing atau kucing juga bisa mengurangi perasaan kesepian sekaligus meningkatkan mood.

Jika Anda tidak memiliki hewan peliharaan, cobalah memberi makan hewan yang tersesat di sekitar Anda, seketika, stres dan kecemasan yang mengarungi pikiran Anda bisa menghilang perlahan.

2. Lakukan metode 4-7-8

Juga dikenal sebagai 'napas rileks', teknik pernapasan 4-7-8 mengurangi kecemasan dan juga membantu Anda tertidur. Sebelum Anda mempraktikkan pola pernapasan ini, siapkan posisi duduk yang nyaman.

Tempatkan ujung lidah Anda tepat di belakang gigi depan Anda, dan fokuslah pada pernapasan. Kosongkan paru-paru Anda dengan menghembuskan napas. Tarik napas melalui hidung selama empat detik.

Kemudian, tahan napas Anda selama tujuh detik. Buang napas melalui mulut selama delapan detik sambil mengerucutkan bibir dan mengeluarkan suara mendesing. Ulangi siklus tersebut hingga empat kali.

3. Libatkan diri dalam suatu aktivitas

Segarkan pikiran dengan membaca film thriller atau tonton acara komedi atau film dan kembalikan tawa bahagia Anda! Anda juga bisa menyibukkan diri dalam melakukan sesuatu yang Anda suka, seperti bermain musik, atau membuat sketsa.

4. Jalan-jalan dan olahraga

Beri diri Anda perubahan pemandangan seperti berjalan-jalan atau, bahkan lebih baik, berlari! Meskipun jalan-jalan meditasi dapat menenangkan Anda, olahraga dapat melepaskan endorfin, zat kimia yang meningkatkan suasana hati.

5. Cobalah relaksasi progresif

Relaksasi Otot Progresif atau PMR adalah teknik yang efektif untuk mengurangi ketegangan tubuh dan stres psikologis secara keseluruhan. Teknik ini melibatkan menegangkan dan mengendurkan semua otot utama di tubuh Anda secara bertahap.

Tutupi semua kelompok otot satu per satu, tarik napas sambil berkontraksi selama lima hingga 10 detik dan buang napas sambil mengendurkan otot. Beri diri Anda waktu 15-20 detik di antara setiap kelompok otot.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini