Cara Mudah Ajarkan Anak Jadi Pribadi Mandiri

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 27 Mei 2021 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 612 2416332 cara-mudah-ajarkan-anak-jadi-pribadi-mandiri-D1ty5YpYJW.jpg Mengajar anak (Foto: Freepik)

Selama bertahun-tahun, psikolog klinis dan anak telah sepakat bahwa selama masa remaja, anak-anak sering mulai mengalami keraguan diri, menjadi sadar akan penampilan dan lingkungannya.

Dengan demikian, menjadikan ini usia kritis bagi orangtua untuk membantu anak-anak mereka dalam mengembangkan penerimaan diri, harga diri dan meningkatkan kepercayaan diri mereka secara keseluruhan.

Pada masa ini, anak perempuan mulai memiliki citra tubuh yang negatif dan menjadi tidak aman tentang diri mereka sendiri. Hal ini dapat sangat memengaruhi bahkan menurunkan kepercayaan diri mereka.

Karena itu, sebagai orangtua, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mereka dengan mengajarkannya untuk menjadi pribadi yang mandiri, sebagaimana dilansir Femina India.

 anak

1. Ajarkan body positivity

Anak perempuan biasanya menghormati ibu mereka pada usia yang mudah dipengaruhi ini. Karenanya, kata-kata dan komentar Anda yang berkaitan dengan tubuh putri Anda dapat meninggalkan dampak jangka panjang padanya.

Anda dapat mempromosikan kepositifan tubuh atau body positivity pada putri Anda dengan mengatakan betapa cantiknya dia, memberikan pujian secara teratur, menghindari terlalu kritis terhadapnya dan membantunya belajar bagaimana menghargai kemampuan tubuhnya.

 

2. Ajari putri Anda ketegasan

Tidak mudah untuk mengatakan 'tidak' kepada teman atau orang lain di usia ini. Kebanyakan gadis mengembangkan sikap menyenangkan orang selama masa remajanya dan ini membuat mereka lebih sulit untuk bersikap tegas di kemudian hari.

Sebagai orang tua, Anda dapat membantu anak Anda mengganti komunikasi pasif-agresif dengan komunikasi yang tegas. Yang terpenting, buat mereka mempraktikkannya di rumah sebelum mereka dapat mempraktikkannya dengan teman-teman mereka.

Anda dapat mengajarkan ketegasan kepada putri Anda dengan meminta mereka menjelaskan situasinya menggunakan fakta, membiarkan mereka mengungkapkan perasaan mereka, dan akhirnya menyatakan apa yang mereka butuhkan atau inginkan dari Anda.

3. Biarkan mereka menjelajahi peluang baru

Beri putri Anda otonomi untuk menjelajahi lingkungan mereka, itu adalah pendorong suasana hati untuk mencoba aktivitas baru. Ini membantu memperdalam kesadaran diri dan memahami diri sendiri dengan lebih baik yang pada gilirannya meningkatkan kepercayaan diri.

4. Literasi media

Media dapat menanamkan banyak pesan bawah sadar di benak kita. Itu bisa dilakukan dengan bantuan iklan, melalui berita atau bahkan acara TV. Anda dapat duduk bersama putri Anda dan membuat dia melek media dengan membantunya menguraikan dan mengembangkan persepsinya berdasarkan beberapa pesan yang digambarkan di media.

 

5. Membangun harga diri

Harga diri sangat berkorelasi dengan kepercayaan diri. Investasikan waktu untuk membangun harga diri. Untuk melakukannya, mulailah bersikap lebih adil dan baik terhadap diri sendiri.

Luangkan waktu sendirian untuk memahami nilai-nilai yang penting dan berpegang teguh pada nilai-nilai itu dengan jujur sambil mempertahankan batasan yang sehat.

6. Berlatih membuat keputusan

Pengambilan keputusan bisa jadi sulit dan tidak semua orang terampil dalam membuat atau mengambil keputusan hidup yang sulit. Hal ini dapat membuat seseorang bergantung pada orang lain untuk validasi dan persetujuan tetapi seringkali bahkan membantu kita menghindari akuntabilitas diri.

Ingatkan pada anak Anda bahwa tidak apa-apa membuat kesalahan tetapi lebih penting untuk belajar darinya dan pengambilan keputusan independen akan membantunya meningkatkan kepercayaan diri. Dengan terus berlatih dari strategi yang disebutkan di atas, dia akan dapat meningkatkan kepercayaan dirinya dalam waktu yang singkat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini